Ratusan Siswa dan Guru SMAN 3 Pandeglang Sholat Istisqa Dampak Kemarau Panjang

Ratusan siswa dan siswi SMAN 3 Pandeglang, menggelar sholat istisqa, Selasa (03/10/2023).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Ratusan siswa dan guru SMAN 3 Pandeglang, yang berada di Kecamatan Labuan, menggelar sholat minta hujan atau shalat istisqa, Selasa (03/10/2023). Mereka berharap kemarau panjang segera berakhir dan hujan yang membawa berkah segera turun.

 

Kepala Sekolah SMAN 3 Pandeglang, Suhyan, S.Pd. M.Pd. mengatakan, maksud dan tujuan sholat istisqa ini yakni melatih para siswa agar mengerti bagaimana tata cara sholat istisqa.

 

Menurut dia, kemarau panjang yang berlangsung hingga Oktober ini sangat berdampak dengan kondisi warga berupa kekeringan hingga krisis air bersih.

 

“Tujuannya pertama edukasi kepada anak-anak dan kedua memohon kepada Allah SWT supaya segera diturunkan hujan kan sekarang kemarau,” kata dia.

 

Ia mengaku bangga dengan antusias siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Usai sholat istisqa, ratusan siswa kemudian melakukan doa bersama dan dzikir meminta agar hujan segera turun dan dapat memberi manfaat dan membawa berkah.

 

“Ada doanya, kita juga ada dzikirnya itu tadi yang kita lakukan bareng-bareng,” ujarnya.

 

Baca: DLH Dukung RPJMD Pandeglang Lebih Ramah Lingkungan

 

Baca: Masa Kampanye Belum Dimulai, Satpol PP dan Panwaslu Labuan Tertibkan Alat Peraga

 

Selain mendidik para siswa, lanjut dia, kegiatan ini juga merupakan perintah Rasulullah, yakni apabila kemarau panjang seperti ini agar melakukan sholat istisqa agar segera turun hujan.

 

“Jadi kita mengajarkan juga pada siswa bahwa sholat istisqa itu merupakan bagian dari contoh sunah rosul gitu, itu intinya,” terangnya.

 

Ia berharap dengan sholat istisqa ini para siswa tidak hanya tahu tentang teori saja melainkan juga langsung bisa mempraktekkannya.

 

“Semoga segera turun hujan yang akan memberi manfaat dan membawa berkah bagi semua orang,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.