Saat Santri di Pandeglang Bersarung dan Tunjukan Kemampuan Berbaris

Salah satu regu lomba gerak jalan santri mengikuti lomba di alun-alun Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (18/10/2023).

KRAKATAURADIO.COM, MENES - Ratusan santri dari berbagai pesantren dan madrasah mengikuti Lomba Gerak Jalan Santri yang diselenggarakan Panitia Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Pandeglang, di Alun-alun Kecamatan Menes, Rabu (18/10/2023). Kegiatan ini dalam rangka menyambut HSN ke-9 yang akan digelar Minggu (22/10/2023).

 

Berdasarkan pantauan, peragaan menghentakkan kaki layaknya tentara dan yel-yel khas santri ditampilkan peserta di sepanjang jalan raya. Bahkan kumandang shalawat nabi dilantunkan oleh santri sejak start di Alun-alun Menes, menuju pasar dan finish di kantor kecamatan setempat.

 

Busana yang dipakai peserta juga beragam, dari mulai bersarung sampai menggunakan seragam masing-masing pesantren. Peserta juga tampak semangat mengikuti perlombaan.

 

Ketua pelaksana HSN tingkat Kabupaten Pandeglang, Dindin Herdiansyah mengatakan, ada sebanyak 60 regu dari 29 pesantren se-Kabupaten Pandeglang yang turut serta memeriahkan lomba gerak jalan santri. Menurut dia, kegiatan ini efektif untuk menjadi media promosi pembelajaran pesantren.

 

“Hari ini gerak jalan khusus santri dan khas santri, pesertanya banyak semuanya ada 60 regu kurang lebih dari 29 pesantren dari ujung utara sampai ujung selatan ada semua. Alhamdulillah ini menjadi syiar, kita ingin mengenalkan dunia santri lebih ke masyarakat,” kata dia di lokasi acara.

 

Baca: Masya Allah, Abuya Muhtadi Tetap Datang Pimpin Istighosah Walau Tengah Sakit

 

Baca: Isu Politisasi SARA dan Netralitas ASN Jadi Fokus Bawaslu Pandeglang

 

Lomba gerak jalan santri merupakan kegiatan perdana yang khusus digelar dalam rangka HSN. Dengan membludaknya peserta yang ikut, tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan digelar kembali pada tahun depan.

 

“Insya Allah bahkan sudah mulai ada ide ini nanti akan dikemas lombanya berjenjang, jadi nanti ada berdasarkan zona dulu, berarti ada 6 zona nah nanti juara di zona-zona itu lomba di tingkat kabupaten,” terangnya.

 

Tidak hanya lomba gerak jalan, dalam menyambut HSN ke-9, panitia juga menggelar lomba paduan suara HSN dan marhaba.

 

“Mari kita sama-sama sukseskan hari santri nasional 2023 tingkat kabupaten Pandeglang. Kami sangat menunggu tanggal 22 Oktober hadir semua di alun-alun Pandeglang. Santri atau bukan santri besok semua kita kumpul, yang bukan santri niatnya membahagiakan santri,” tutupnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.