Dinkes Pandeglang Siapkan 39 Pos Kesehatan di Libur Nataru

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Eni Yati saat meninjau posko kesehatan di Kecamatan Carita, Selasa (26/12/2023).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Banten, mempersiapkan 39 posko pelayanan kesehatan dalam libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), salah satunya di kawasan wisata Carita.

 

Kepala Dinkes Pandeglang, Eni Yati mengatakan, pos pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk membantu wisatawan dalam kondisi kedaruratan saat menjalani libur Nataru. Posko ini diantaranya posko jaga dan siaga dan posko tambahan.

 

Ia menerangkan, total terdapat 39 posko Nataru, yang terbagi sebanyak 36 posko jaga dan siaga di masing-masing Puskesmas serta 3 posko tambahan, diantaranya di Alun-alun Pandeglang, pertigaan Mengger dan kawasan wisata Carita.

 

“Kami sudah menyiapkan tim untuk jaga di semua posko tadi, kita lakukan H-2 sebelum natal dan akan selesai di H+2 setelah tahun baru. Tadi kami sudah melakukan monitoring dari beberapa posko yang startnya dari alun-alun (Pandeglang) sampai ke Carita ini,” kata dia ditemui saat mengunjungi posko di Carita, Selasa (26/12).

 

Baca: Ribuan Botol Miras Digilas Polres Pandeglang Gunakan Alat Berat

 

Baca: KPU Pandeglang Gerebeg Lembur Dongkrak Partisipasi Pemilih

 

Adapun posko kesehatan di Carita bersatu dengan pos pengamanan dan pos pelayanan milik Polres Pandeglang. Hal ini, lanjutnya, untuk melayani wisatawan.

 

“Semuanya bersatu dengan kepolisian dan PMI, BPBD, Dinas Perhubungan, ini satu kesatuan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat disediakan oleh ibu bupati kita melalui perpanjangan kami dinas kesehatan,” ujarnya.

 

Menurut dia, petugas yang berjaga dalam pos tersebut diisi oleh 3 orang. Setiap harinya, petugas menyediakan berbagai layanan, seperti pemeriksaan kesehatan dasar tingkat pertama, penanganan awal kasus, sistem rujukan yang berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan, hingga konsultasi kesehatan.

 

“Intinya apapun yang diperlukan oleh masyarakat untuk memberikan pelayanan tingkat pertama itu sudah kita siapkan disini,” imbuh dia.

 

Dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak berlibur untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan memeriksakan diri sebelum dan sesudah perjalanan.

 

“Harapannya mudah-mudahan semua tim posko kesehatan nataru bersama tim dari kepolisian dan dari yang lain tetap bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk konsisten dan komitmen dan terus memberikan layanan kepada masyarakat. Jangan lupa kita punya harapan liburan aman liburan aman dan yang jaga tetap semangat,” tutupnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.