Sortir Sementara, Surat Suara Rusak di Pandeglang Capai 208 Lembar

Ketua Bawaslu Pandeglang, Febri Setiadi (kiri) bersama Ketua KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah saat mengecek surat suara di gudang logistik KPU, Senin (15/01/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten, telah tuntas menerima lima jenis surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung 14 Februari 2024. Dari lima jenis surat suara, baru surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan surat suara DPRD Provinsi Banten yang telah rampung dilakukan sortir dan pelipatan.

 

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Nunung Nurazizah mengatakan, pihaknya telah menerima seluruh jenis surat suara yang dikirim penyedia ke gudang logistik KPU. Surat suara tersebut terdiri atas surat suara PPWP, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

 

“Iya sudah 100 persen surat suara diterima KPU. Sekarang masih pelipatan surat suara DPR RI,” kata dia, Senin (15/01).

 

Nunung mengungkapkan, KPU telah menerima surat suara sesuai dengan kebutuhan yakni sejumlah 1.017.590 masing-masing jenis surat suara.

 

Dijelaskannya, berdasarkan hasil sementara sortir surat suara Pemilu 2024, ditemukan sebanyak 208 lembar surat suara.

 

Ratusan lembar surat suara itu ditemukan rusak ketika dilakukan penyortiran. Kerusakan rata-rata dikarenakan sobek, blanko, terkena noda, dan kondisi warna yang buram.

 

Surat suara PPWP total rusak sebanyak 76 lembar, terdiri dari sobek sebanyak 55, blanko 15, dan terkena noda 6. Sementara surat suara DPRD provinsi Banten yang total rusak sebanyak 162, terdiri dari sobek 67, terkena noda 41, warna pudar 12, berkerut 14, potongan tidak rata 8,” ungkapnya.

 

Baca: Waspada! Bulan Januari Puskesmas Labuan Catat Angka Penderita DBD Sudah 10 Orang

 

Baca: Ribuan Pendaftar Pengawas TPS di Pandeglang Masuki Tahapan Wawancara, Dilantik 22 Januari

 

Sementara, untuk surat suara lainnya sampai saat ini masih proses pelipatan dan penyortiran.

 

KPU Pandeglang sendiri mencatat pada Pemilu 2024 ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 996.127 orang yang terbagi pada 511.805 pemilih laki-laki dan 484.322 pemilih perempuan dengan jumlah total 3.759 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Adapun target proses pelipatan surat suara akan rampung sebelum tanggal 09 Februari 2024.

 

“Kita mengoptimalkan SDM yang ada kemudian efektivitas waktu dari SDM yang ada ini benar-benar kita stretching dengan target. Kalau secara simulasi timeline kami bahkan mensimulasikannya itu sampai tanggal 9 Februari itu untuk jadwal pelipatan. Mudah-mudahan ini akan selesai lebih cepat,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.