Caleg DPR RI Banten I Diprediksi Diisi Sosok Baru, Pengamat: Coattail Effect Pilpres

Hasil hitung suara pemilihan legislatif DPR RI Dapil Banten I, Kamis (22/02/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Berdasarkan data real count KPU Pemilu 2024, untuk pemilihan legislatif DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Banten I, Lebak-Pandeglang, menunjukkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih meraup suara tertinggi. Diprediksi akan ada sosok baru yang menjadi wakil rakyat.

 

Diketahui, berdasarkan data http://pemilu2024.kpu.go.id/ versi Kamis 22 Februari pukul 12.00 WIB, perolehan suara PKB sebanyak 142.128 (20,3%).

 

Pengamat politik UNMA Banten, Said Ariyan mengatakan, salah satu faktor peningkatan suara partai politik (parpol) dalam hasil real count KPU adalah coattail effect atau efek ekor jas dengan Capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh PKB dan Nasdem.

 

“Kalau partai-partai baru yang muncul itu lebih banyak kepada coattail effect ya dari pilpres seperti PKB bagus suaranya. Nasdem juga lebih kepada efek pilpres kemudian suara Nasdem bagus dan tidak hanya di dapil Banten I, dapil Banten II juga diperkirakan dapat kursi. Jadi potensial lah coattail effect dari pilpres itu. Tapi kan ini perhitungan belum berakhir kita belum tahu hasil akhirnya seperti apa,” kata dia, Kamis (22/02).

 

Adapun delapan Caleg DPR RI yang berpeluang lolos ke Senayan diantaranya Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Demokrat dengan jumlah suara 56.009, Ahmad Fauzi dari PKB 46.589 suara, Ali Zamroni dari Gerindra 29.798 suara, Adde Rossi Khoerunnisa dari Golkar 29.671 suara.

 

Selanjutnya, Neng Siti Julaiha dari PPP 27.564, Achmad Dimyati Natakusumah dari PKS 27.139, Arif Rahman dari Nasdem 22.648, dan Tia Rahmania dari PDI Perjuangan 20.321.

 

Baca: Gelar Gerakan Pangan Murah, Beras 2,5 Ton Langsung Ludes Diserbu Emak-emak

 

Baca: Tim Medis Puskesmas Carita Siaga dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara

 

Sementara 6 besar parpol dengan perolehan suara tertinggi di dapil Banten I, di saat progres data yang masuk ke KPU sudah berasal dari 5.124 atau 66,08% dari total 7.754 TPS.

- PKB 20,3 persen
- Partai Demokrat 15,6 persen
- PDI Perjuangan 10,22 persen
- Partai Gerindra 10,12 persen
- PPP 9,13 persen
- Nasdem 8,31 persen

 

Said menuturkan, di sisi lain parpol lainnya tidak banyak merubah komposisi Caleg yang berkontestasi, sehingga pemilih cenderung memilih sosok baru.

 

“Publik atau masayrakat umum punya harapan baru untuk orang yang baru dan mudah-mudahan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya, saya lihat itu. Dan kebanyakan memang caleg-caleg RI yang bakal jadi ini banyak berlatar belakang aktivis ya bukan pengusaha-pengusaha besar. Nah ini menarik karena aktivis ini punya semangat untuk membawa perubahan, membawa hal-hal yang baru yang terbaik,” terangnya.

 

Meski begitu, Said menekankan perolehan suara ini masih bersifat sementara dan belum final. Ada banyak kemungkinan yang dapat terjadi.

 

“Nah ini masih berpotensi saling menyalip, masih berjalan. Susah untuk memastikan,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.