Kawal Mudik Lebaran Idul Fitri, Polres Pandeglang Siapkan 5 Posko

Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Guna mengamankan jalannya arus mudik Idul Fitri 1445 H, Polres Pandeglang menyiapkan beberapa agenda pengamanan khusus. Salah satu upayanya adalah menyediakan 5 posko mudik.

 

Agenda pengamanan ini merupakan salah satu rangkaian program yang disiapkan oleh kepolisian dan tergabung dalam operasi ketupat 2024.

 

Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata mengatakan, posko-posko tersebut akan disebar di titik-titik keramaian sepanjang masa mudik, mulai jalan utama hingga jalur wisata.

 

Pihaknya mengaku menurunkan sebanyak 69 personel guna mengatur arus mudik tersebut.

 

“Dari Satlantas sendiri 69 personel yang akan dilibatkan, dimana akan dibagi ke dalam 4 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan dalam persiapan arus mudik lebaran ini,” kata dia, Rabu (27/03).

 

Satlantas Polres Pandeglang, lanjutnya, juga menurunkan personel di 24 titik gerakan pengaturan (gatur) rawan kemacetan yang tersebar di seluruh wilayah Pandeglang.

 

Adapun titik rawan kemacetan yang sudah diantisipasi diantaranya di jalan simpang Mengger, Cipacung, dan simpang Maja.

 

“Jadi ada beberapa titik rawan macet yang tentunya harus kami antisipasi dimana untuk wilayah tersebut kami bagi menjadi 5 bit, masing-masing bit itu kami tempatkan perwira sebagai penanggung jawab,” ujarnya.

 

Baca: 518 Orang Terima SK, Bupati Pandeglang Target Semua Honorer Jadi PPPK

 

Baca: Subhanallah, Pesantren Kilat di Masjid Ini Diikuti Ratusan Anak-anak

 

Ia menegaskan, bagi kendaraan besar sumbu tiga dilarang melintas di wilayah jalur kota Pandeglang, karena hal itu dirasa dapat menggangu oleh kendaraan lainnya.

 

Larangan itu sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 8 Tahun 2007 tentang larangan masuk jenis kendaraan sumbu tiga, tronton, tendem atau kereta gandengan melewati jalan kawasan tertib lalulintas (KTL).

 

“Untuk satlantas polres Pandeglang sendiri sudah melaksanakan monitoring atau pengecekan jalur-jalur, kami sudah mengantisipasi kegiatan tersebut dengan membuat rambu-rambu yang nanti dapat membatu mengarahkan pengendara pada saat mudik lebaran,” ucap dia.

 

Ia mengimbau pengendara yang berencana mudik ke kampung halamannya untuk mempersiapkan diri dengan baik dan melakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh.

 

“Hal ini penting agar perjalanan mudik dapat berlangsung dengan nyaman dan aman,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.