Gelar Halal Bihalal, KPPC Bahas Kemajuan Pariwisata

Acara halal bihalal Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) di Cafe Hotel Wira Carita, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/04/2024).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Para pelaku penggiat wisata yang tergabung dalam Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) mengadakan acara Halal Bihalal dengan tema ‘Menjalin Kemitraan Untuk Wisata Lebih Baik dan Maju Bersih dari Sampah’ di Cafe Hotel Wira Carita, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/04/2024).

 

Acara ini dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai lembaga dan instansi yang selama ini membangun kemitraan dengan KPPC, diantaranya satuan Muspika Carita, Pemerintah Daerah (Pemda) Pandeglang yang diwakili Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Roni, anggota DPRD Pandeglang Iing Andri Supriadi, para penggiat pelaku wisata dan lainnya.

 

Ketua KPPC, E.A. Supriadi Franky menuturkan, dalam halal bihalal ini membahas terkait dengan kemajuan wisata, khususnya Carita kedepan.

 

“Jadi orang Carita baik pemilik hotel, restoran dan objek wisata kita kumpul halal bihalal, jadi positif negatif apa yang mesti diobrolkan. Kita ngobrol banyak tentang pengembangan wisata Carita kedepan,” kata dia.

 

Adapun sesuai dengan tema halal bihalal yang di usung, KPPC juga telah memulai membangun kolaborasi dalam rangka memajukan dan membangun wisata Carita.

 

“Kemarin kita telah lakukan aksi sosial membersihkan sampah di kawasan pantai. Ini langkah positif dimana kita berkolaborasi dengan Pemda Pandeglang. Lewat halal bihalal ini diharapkan dapat tercipta kekompakan antara pelaku wisata bersama stakeholder,” ujarnya.

 

Baca: Pemda Pandeglang Siap Jadikan Gebrag Ngadu Bedug Sebagai Agenda Tahunan

 

Baca: Periode Ramadan dan Lebaran, Volume Sampah di Pandeglang Meningkat 10 Persen

 

Ditempat sama, tokoh masyarakat Carita, Uding Saprudin mengapresiasi langkah KPPC yang telah menggerakan para penggiat wisata dan Pemda untuk dapat berkolaborasi dalam membangun wisata.

 

“Mudah-mudahan ini jadi sebuah catatan penting buat pemerintah setempat untuk inilah bahan mereka untuk melakukan program kerja kedepan. Kami berharap mudah-mudahan pemerintah tidak sampai disitu, terus bersosialisasi melakukan pembinaan, penyuluhan kepada masyarakat,” imbuhnya.

 

Sementara anggota DPRD Pandeglang, Iing Andri Supriadi mengapresiasi kegiatan halal bihalal yang digelar dengan pelaku wisata. Selaku anggota dewan, dirinya akan memperjuangkan aspirasi yang disampaikan penggiat wisata ini di gedung parlemen.

 

“Kedepan tentu tugas saya adalah bagaimana untuk mengawal supaya fasilitas untuk kebersihan di Carita kaya mobil, bak, mudah-mudahan bisa terealisasikan,” ucap dia.

 

Menurut politisi Demokrat ini, kawasan wisata Carita dan pesisir pantai di Pandeglang berpotensi mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar. Untuk itu dirinya akan mendorong dinas terkait agar dapat memaksimalkan potensi tersebut.

 

“Tinggal bagaimana sinergi antara pengusaha pariwisata dengan pemerintah daerah untuk bisa taat pajak sehingga bisa ada pemasukan ke pemda tapi ada catatan tadi yang dibahas adalah bagaimana PAD ini dari Carita oleh Carita dan untuk Carita,” bebernya.

 

Baca: Aksi Sosial, KPPC Gandeng Pemda Pandeglang Lakukan Operasi Sampah

 

Sebelumnya, KPPC menggandeng Pemda dan instansi lainnya melakukan operasi sampah sejauh 4 kilometer (km) di Jalan Raya Carita-Pandeglang. Hal ini dilakukan untuk menjaga keindahan pantai Carita.

 

Kegiatan sosial ini diikuti DLH, DPKPP, satuan Muspika Carita, TNI AL, Syahbandar Labuan, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), PLN Rayon Labuan, Mutiara Carita Cottages, Tahura Banten, OKP Aldos dan pelaku wisata lainnya.

 

Perjanjian Kerja Sama (PKS) juga telah terjalin antara KPPC dengan DLH Kabupaten Pandeglang terkait pengelolaan sampah. Mulai tanggal 01 Mei 2024, sampah yang ada di Carita akan diangkut secara berkala agar tidak menumpuk. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.