Lebaran Idul Fitri, Okupansi Hotel di Carita Tembus 80 Persen

Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), E.A. Supriadi Franky.

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Tingkat hunian atau okupansi kamar sejumlah hotel dan vila di kawasan Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, mencapai 80 persen. Kenaikan okupansi ini terjadi akibat momen libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

 

Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), E.A. Supriadi Franky mengatakan, puncak kunjungan wisatawan baik yang menginap maupun yang bermain di wisata pantai terjadi pada akhir pekan lalu.

 

“Kalau puncaknya terjadi tuh di hari Sabtu. Kalau di lebaran sampai hari Minggu tuh menurut data hasil pantauan di Balawista pun kalau Banten 1,7 juta (kunjungan wisatawan dan carita khususnya hampir 50 ribu lebih,” kata dia, Senin (15/04).

 

Menurut dia, terdapat peningkatan pemesanan kamar hotel dan kunjungan ke kawasan pantai jika dibandingkan momen yang sama pada tahun lalu. Hal ini karena terdapat destinasi baru di Carita.

 

“Karena kita dihantam tsunami, isu gempa bumi dan covid, sempat setahun itu okupansinya sekitar 20 sampai 30 ribu di tahun 2023, sekarang 2024 50 ribu ke atas. Ada beberapa spot atau destinasi yang swasta bangun seperti perosotan pelangi, pantai kodok, terus ada objek gunung kayak Tahura curug gendang, curug putri, underwater snorkeling dan lainnya,” bebernya.

 

Baca: Pasca Lebaran, Iing Andri Supriadi Putuskan Sikap di Pilbup Pandeglang

 

Baca: Gerindra Usung Andra Soni di Pilgub Banten dan Rifky Hermiansyah di Pilbup Pandeglang

 

Dikatakannya, di beberapa hotel pun ikut mengalami peningkatan signifikan terkait dengan kunjungan wisatawan. Hal ini karena adanya persiapan dalam menyambut libur lebaran oleh para pihak pengelola.

 

“Kalau kita sih sudah ada manajemen tertentu ya punya manajemen masing-masing, didukung oleh TNI dan polri, Dishub, Balawista dan sebagainya untuk menanti kedatangan kunjungan wisatawan apa yang harus kita persiapkan begitu,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.