» » Warga Antisuas Ikut Nyoblos RT dan RW


Warga antusias mencoblos RT dan RW di Kampung Muncang, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (27/09/2015).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Ratusan warga di kampung Muncang, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, antusias memberikan hak suaranya dalam gelaran Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) (PilKT) dan Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) (PilKW), pada Minggu (27/09/2015).

Dasar adanya pemilihan ini, yakni program dari Kepala Desa Labuan, Eka Junjungan Arisandi, dimana lamanya jabatan RT dan RW disuatu kampung diatur dalam Peraturan Desa, yakni 5 tahun.

Pemilihan ini untuk RT 01 sampai dengan RT 05 yang diikuti oleh sebanyak 13 calon. Sedangkan untuk RW 09 diikuti sebanyak 4 orang calon, yakni H. Mamun, Asep Suherman, Dalusman (maslan), A Jamin (ketut). Total ada 17 orang yang ikut menjadi peserta calon RT dan RW.

Turut hadir dalam pemilihan tersebut, Kepala Desa Labuan, Eka Junjungan Arisandi, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Labuan, Cecep Dedi, Babinsa Desa Labuan, Sersan Mayor (Serma) Tarli, Polmas Desa Labuan, Brigadir Yusuf, dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Tb Sulaeman.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Tb Sulaeman mengatakan, tujuan dari adanya pemilihan ini selain daripada program Kepala Desa sekarang, juga untuk latihan atau simulasi jelang gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 09 Desember 2015 mendatang.

“Kita mencoba belajar berdemokrasi mulai di tingkat RT, dan RW. Kita berharap untuk pilkada kedepan, semua berazaskan demokrasi. Masyarakat juga biar mengerti apa arti kata demokrasi, ini harus belajar dari bawah,” ungkapnya ditemui dilokasi pemungutan suara.

Mengenai persiapan, diakuinya hanya sekitar 2 minggu. Hal itu mencakup persiapan pembentukan panitia, sampai menentukan tanggal pemilihan suara. “Dari mulai 2 minggu lah, membentuk tim ini. Untuk kampung kita ini silahkan mau menempelkan poster atau apapun silahkan. Sosialisasi juga sudah dilakukan, kami berharap kampung lainya bisa mengikuti kegiatan ini,” bebernya.

Sementara itu, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Labuan, Cecep Dedi, mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Cecep, pemilihan ini sebagai contoh berdemokrasi di Desa Labuan.

“Perbedaan persepsi yang berbeda, ada hikmahnya sehingga adanya suatu kebersamaan sehingga terjadilah semangat dari warga yang ingin mencalonkan, sehingga ini bisa jadikan satu contoh untuk Pilkada, tingkat RT dan RW aja mampu. Bisa mencontohkan ke KPU bahwa di Muncang ini bisa menciptakan demokrasi,” ujarnya.

Suasana di tempat pemungutan suara.
Berdasarkan pantauan, total pemilih dari PilKT dan PilKW ini ada 763 warga di kampung muncang. Dalam pemilihan tersebut, panitia menyediakan 4 bilik suara. Warga diberi surat suara berdasarkan domisili RT masing-masing. 

Adapun, pemenang dari pemilihan ini, untuk PilKW dimenangkan oleh H. Ma’mun Sobari. RT 01 dijabat oleh Ajo, RT 02 dimenangkan oleh Mukhsin Sobur, RT 03 Irad Mursidi. Sementara RT 04 diduduki oleh Ujang Tobli (Ombi) dan RT 05 diraih oleh Iing Saprudin. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply