» » Antisipasi Wabah DBD, Dinkes Imbau Warga Kerja Bakti




KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Indah Dinarsiani, mengimbau kepada seluruh perangkat Pemerintahan Kecamatan dan Desa, beserta masyarakat, untuk mengadakan kerja bakti dengan cara bersih-bersih lingkungan untuk meminimalisir menyebarnya wabah penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD).

“Memang dengan cuaca yang anomali ini, kami sudah memprediksi sejak bulan Desember 2015 lalu, untuk mengantisipasi wabah penyakit tersebut. Pada saat itu pun, Bupati Erwan Kurtubi sudah mengintruksikan kepada seluruh Kecamatan untuk mengadakan kerja bakti bersih-bersih lingkungan,” ujarnya melalui telepon seluler, Selasa (19/1).

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan studi ke berbagai kecamatan, seperti kecamatan Pandeglang hingga ke berbagai kecamatan yang ada di wilayah Pandeglang selatan untuk mengecek kondisi lingkungan. Ia berharap, intruksi tersebut dapat diteruskan oleh pihak Kecamatan ke pihak Desa untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti tersebut.

“Kegiatan kerja bakti itu mulai dari pembersihan pohon yang rindang, rumut, dan di lingkungan dapat dipastikan tak ada genangan air yang menjadikan sebagai sarang nyamuk agar wabah penyakit DBD dapat dihentikan, dan tak ada warga yang terkena penyakit tersebut seperti di Kecamatan Munjul,” tambah dia.

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Desa Dukuh, Kecamatan Munjul, Cecep mengaku sebelumnya belum mendapatkan instruksi dari pihak kecamatan untuk kegiatan kerja bakti tersebut.

“Terkait warga kami yang terindikasi terkena DBD, menurut keterangan sementara dari Bidan yang ada di Puskesmas bahwa dia (Yanah-red) terkena DBD. Namun hal itu belum pasti lantaran uji lab belum ada. Kami pun mengira penyakit itu itu bawaan dari luar, sebab (Yanah-) belum lama dinggal di Desa Dukuh, dia pindahan dari Rangkas, Kabupaten Lebak,” terangnya.

Camat Munjul, Cargana tidak bisa dimintai keterangan, lantaran saat dihubungi melalui telepon seluler beberapakali dalam keadaan tidak aktif. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply