» » UBK Hadir di Kabupaten Pandeglang

Direktur Kerjasama dan Peningkatan Kapasitas pada Direktorat Jendral (Dirjen) Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP) pada Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Ir. Rajali (kanan) saat menggelar konfrensi pers terkait Usaha Bersama Komunitas.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terpilih sebagai pilot project Usaha Bersama Komunitas (UBK) yang diprogramkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi.

Penetapan tersebut ditetapkan setelah kunjungan Direktur kerjasama dan peningkatan kapasitas pada Direktorat Jendral (Dirjen) Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP), Ir. Razali AR,M.S i. pada acara launching produk UBK “Ratu Banten” di Desa Banyubiru, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (31/12/2015).

Ir. Razali menyampaikan, konsep Usaha Bersama Komunitas (UBK) ini yaitu sebuah terobosan program pemberdayaan ekonomi yang memberikan peluang dan akses bagi masyarakat desa untuk meningkatkan produktivitas sekaligus merebut hilai tambah ekonomi, dengan tetap menjaga karakter gotong royong masyarakat desa.

“UBK adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dengan membentuk unit usaha berbasis komunitas yang profesional dan modern. UBK dimiliki, dibangun dan dikelola bersama oleh komunitas masyarakat desa, dan UBK menghasilkan produk kebutuhan sehari-hari yang dapat langsung dinikmati anggota komunitas dan memiliki potensi pengembangan pasar menarik,” ujarnya saat menggelar konfrensi pers.

Dirinya berharap, masyarakat penerima program UBK di kabupaten Pandeglang, bisa tampil sebagai salah satu percontohan oleh daerah- daerah lain yang ada di indonesia.

“UBK pada tahun 2015 ini mencakup 100 desa di 36 Kabupaten yang tersebar di 19 Provinsi. Secara keseluruhan, program ini mampu menyerap tenaga kerja hingga lebih dari 10.000 warga desa. Semoga dengan adanya UBK, masyarakat dapat terampil sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply