» » Selain untuk bumbu, ini 7 cara asyik dapatkan manfaat sehat serai

Merdeka.com - Tentu kamu kenal dengan serai, bukan? Bumbu dapur yang memiliki wangi yang khas ini menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Serai menyimpan manfaat untuk meredakan flu, sebagai pembasmi jerawat, sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh dan bahkan bisa kamu gunakan sebagai pengharum ruangan.
Selain digunakan sebagai bumbu masakan dapur, berikut ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan manfaat sehat dari serai, seperti yang dilansir melalui thehealthsite.

1. Sup serai
Tak kalah lezat dari sup ayam, sup yang dibuat dengan bahan dasar serai ini juga tak kalah lezat. Yang lebih penting lagi, sup serai membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya. Tak hanya itu, sup lezat ini juga bisa meredakan radang tenggorokan. Caranya mudah, rebus beberapa batang serai dengan kaldu sayuran. Tambahkan garam dan merica, lalu sajikan.

2. Sebagai pengharum ruangan
Serai memiliki wangi yang unik sehingga dapat membuat aroma ruangan kamu menjadi lebih segar. Tak hanya segar, aromaterapi serai dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuat kamu lebih santai.
3. Pereda flu
Serai tak hanya melezatkan makanan, tetapi ini juga bisa meredakan gejala flu yang menyerang. Pasalnya, serai mengandung antibakteri yang membantu meredakan flu dan batuk. Caranya, masukkan beberapa batang serai dalam wadah yang berisi air panas. Gunakan uapnya untuk bernapas.
4. Mencegah gigitan nyamuk
Serai mengandung senyawa yang disebut sitronelol yang bertindak sebagai penolak serangga. Caranya, kamu hanya perlu menggosok minyak serai pada tangan dan kaki.

5. Mengobati jerawat
Serai memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, karena itu mampu membantu penyembuhan infeksi kulit. Tak hanya itu, serai juga bisa kamu gunakan sebagai obat jerawat. Serai berperan sebagai astringent alami uang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh.

6. Mengusir ketombe
Tak hanya untuk mengusir jerawat, kandungan anti-bakteri dan anti-jamur dalam serai membuatnya ampuh mengusir ketombe yang bersarang di kulit kepala kamu. Pasalnya serai mampu membasmi jamur penyebab ketombe yang dikenal dengan malassezia furfur. Caranya, rebus beberapa batang serai dalam air secukupnya. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk membilas rambut.

7. Mencegah bau mulut
Bermasalah dengan bau mulut? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya hanya dengan menggunakan minyak serai. Caranya mudah, campurkan 2-3 tetes minyak serai dengan air dan gunakan untuk berkumur. Tak hanya mengatasi bau mulut, minyak serai juga berguna untuk melunturkan plak gigi.
Tak menyangka, bukan? Serai yang kamu kenal sebagai bumbu dapur ternyata bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply