» » Balawista Jamin Keselamatan Wisatawan di Libur Lebaran Nanti

Dari kiri ke kanan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, Ketua Balawista Banten, Ade Ervin dalam acara Workshop Pembinaan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (04/06/2018).
KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Provinsi Banten, Ade Ervin menegaskan, pihaknya siap untuk mengamankan para wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburan di kawasan wisata perairan yang ada di Banten.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan materi dalam kegiatan Workshop Pembinaan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di salah satu Hotel di Kota Serang, Senin (04/06/2018).

"Kami siap untuk mengamankan wisata tirta di Banten pada saat libur lebaran Idul Fitri nanti. Tentunya wisatawan yang akan berlibur di pantai kami tunggu dan kami jamin keselamatannya," kata dia.

Menurut dia, Balawista Banten memiliki program Siaga Wisata untuk menyambut libur lebaran nanti. Dimana, pihaknya sudah melakukan kordinasi kepada seluruh anggota petugas penyelamat dan pihak lainnya, seperti Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepolisian dan pihak terkait lainnya.

"Kami punya program Siaga Wisata. Wisatawan yang akan berlibur ke pantai juga harus teliti untuk memeriksa kondisi pantainya apakah ada petugas Balawista atau tidak, karena ini sangat penting," tambah dia.

Ia menjelaskan, kegiatan Siaga Wisata dilakukan dari tanggal 16 sampai dengan 24 Juni 2018, dengan tempat kegiatan diantaranya di kawasan wisata Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

"Ada 13 posko dengan 144 personil yang akan diturunkan. Anggota ini sudah kami dilatih. Selain itu kami punya 20 relawan yang memberikan informasi kepada wisatawan," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, dalam moment libur lebaran nanti, pihaknya menargetkan sebanyak 6 juta wisatawan untuk datang ke kawasan wisata di Banten.

“Kami di Dinas Pariwisata ini ditarget untuk mendatangkan wisatawan 30 juta di 5 Provinsi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Banten, Jogjakarta dan Banten di libur lebaran ini. Makanya sedang mengolah promosi baik video maupun foto untuk event yang akan dilakukan,” katanya.

Terkait kesiapsiagaan Balawista, ia mengaku sangat mengapresiasi dan akan menyiapkan berbagai bantuan terkait sarana prasarana untuk memenuhi kebutuhan Balawista dalam hal keselamatan wisatawan.


“Kami berusaha, karena ini relawan dan Alhamdulillah dengan hibah tidak banyak ini mudah-mudahan bisa memberikan dukungan moril terhadap anggota Balawista. Mudah-mudahan dengan makin banyaknya sinergi, upaya-upaya untuk memperkecil kecelakaan dapat kita lakukan,” ujarnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply