» » Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Beri Bantuan Servis Kapal Untuk Nelayan Pandeglang

Foto bareng usai pemberian bantuan secara simbolis bagi korban bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di kantor Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan Serang, Kamis (28/02/2019).
KRAKATAURADIO.COM, CINANGKA - Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia memberikan sejumlah bantuan bagi para korban bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang. Bantuan itu meliputi servis gratis perbaikan mesin, tracking mangrove dan bantuan alat pengolahan ikan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut KKP RI, Brahmantya Satyamurti Satyamurti mengatakan, bencana tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu menyisakan duka bagi masyarakat nelayan di wilayah Pandeglang. Pasalnya, para nelayan di pesisir saat ini masih belum bisa melaut karena kapalnya rusak.


Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, kata dia, pihaknya memberikan bantuan service kapal gratis bagi para nelayan, bantuan alat pegolahan ikan (Sobong) dan tracking mangrove untuk sarana wisata.

“Itu penting karena salah satu untuk mengembalikan nyawa dari pesisir ini adalah wisata dan para wisatawan juga gak boleh takut dan dengan tracking mangrove nanti setelah jadi itu akan menjadikan satu destinasi baru,” kata dia ditemui pasca kegiatan mitigasi bencana tsunami, di kantor Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan, di Desa Umbul Tanjung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Kamis (28/02).


Kata dia, Direktorat yang berada dibawah naungan Menteri Susi Pudjiastuti tersebut, saat ini sudah menyediakan tiga bengkel untuk melayani service mesin kapal gratis bagi nelayan korban tsunami.

“Selanjutnya dari direktorat jenderal budidaya juga memberikan benih minggu lalu. Target sampai saat ini masih terus, kita juga menerima masukan dari masyarakat,” terang dia.

Ditempat yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mengapresiasi bantuan yang telah diberikan KKP. Bantuan tersebut, kata dia, sangat berguna bagi masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Pandeglang.


“Kita sangat terbantu sekali dan memberikan apresiasi penghargaan setinggi tingginya untuk ibu menteri KKP, perhatiannya sangat luar biasa. Dirjen-dirjennya diturunkan dan empat dirjen sudah turun disini semua. Bantuan untuk benih tadi untuk pemulihan proses bagi budidaya air tawar, air laut itu akan diturunkan bulan Maret ini 1,5 juta benih dan pakannya ada 10 sampai 15 ton,” kata Irna.

Menurut Irna, bantuan tersebut akan membangkitkan semangat para nelayan di Pandeglang untuk memulihkan sektor perekonomian masyarakat. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply