Bupati Irna Ajak Warga Cegah Corona Melalui Pola Hidup Sehat

Bupati Pandeglang, Irna Narulita melakukan 'salam sunda' saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Cibaliung, Minggu (15/03/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengajak masyarakat Kabupaten Pandeglang untuk melakukan pola hidup sehat dengan menkonsumsi makanan bergizi dan selalu menjaga kebersihan. Hal itu penting dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Selain itu Pemkab Pandeglang juga akan membuat posko terpadu penanganan virus corona sebagai langkah antisipasi dan akan mengeluarkan surat edaran tentang penanganan covid -19 serta akan membentuk gugus tugas dalam pencegahan virus corona,” kata Irna saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Cibitung dan Cibaliung, Minggu (15/03/2020).

Lebih lanjut Irna mengatakan, penerapan pola hidup sehat merupakan jurus ampuh untuk menangkal virus corona. Ia mengatakan pemerintah daerah juga telah melakukan upaya–upaya prefentif dalam penanganan dan pencegahan virus corona sesuai dengan standar operasional yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar menjalankan pola hidup sehat.

“Kita tidak usah panik, masyarakat harus tetap tenang, akan tetapi perlu waspada dan antisipasi, setidaknya kita bisa menangkal virus corona yakni dengan menjaga pola hidup sehat, olahraga teratur serta mengkonsumsi makanan dan buah–buahan. Dengan begitu imunitas tubuh pun akan menjadi lebih kuat dan tidak gampang tertular virus corona,” ucapnya.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengatakan hal sama. Menurut dia, Dinkes Pandeglang sering melakukan sosialisasi terkait virus corona dengan melibatkan masyarakat, dan juga memberikan pemahaman tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

“Agar masyarakat bisa mengetahui bagaimana ciri–ciri gejala bagi orang yang terpapar virus corona dan bagaimana cara menjalankan pola hidup bersih dan sehat,” terang dia.

Ia menambahkan dalam upaya pencegahan virus corona, pihaknya mengintruksikan kepada jajaranya untuk selalu waspada dan terus memantau kesehatan masyarakat. Selain itu Puskesmas juga diminta rutin membuat data laporan kesehatan warga di setiap wilayah di Pandeglang.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka waspada dan kesiapsiagaan jajaran kami dalam memantau perkembangan kesehatan dan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona,” tuturnya.

Masih kata Dewi, pihaknya juga telah membuka posko terpadu, hal ini di peruntukan bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait virus corona.

“Selain itu kami juga membuka layanan call center di nomor 0852-8959-0898 jika sesuatu yang kita tidak inginkan itu terjadi kita bisa langsung bereaksi cepat untuk penanganan. Oleh karena itu saya menghimbau agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena minggu–minggu ini di prediksi merupakan puncak dari penyebaran virus corona,” ujarnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.