ADSENSE

» » Dampak Bertemu Menteri PUPR, Bendungan Cimoyan Tahun Ini Masuk Tahap Perancangan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) meninjau sungai Cimoyan di Kecamatan Picung, Sabtu (13/03/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bendungan Cimoyan di Kabupaten Pandeglang tahun ini akan memasuki tahap perancangan. Hal ini dampak dari bertemunya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita beberapa waktu lalu.

 

Masuknya bendungan Cimoyan dalam tahap perancangan diketahui saat jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) melakukan peninjauan aliran Sungai Cimoyan di Kecamatan Picung bersama jajaran Pemkab Pandeglang, Sabtu (13/03).

 

Pejabat Pembuat Komitmen Irigasi dan Danau BBWSC3, Muhamad Irhan mengatakan, setelah meninjau, pihaknya melihat Sungai Cimoyan memiliki potensi besar bagi masyarakat Pandeglang, khususnya dalam membantu sektor pertanian dan mengentaskan permasalahan banjir.

 

Menurut dia, areal sawah yang terbentang luas di kawasan aliran Sungai Cimoyan membutuhkan pengairan yang baik. Diharapkan debit air Cimoyan mampu mencukupi untuk area pesawahan.

 

“Saat ini kami akan buat desain dulu. Artinya sungai Cimoyan ini harus ada kajian yang layak dari mulai hulu ke hilir. Tahun ini kami proses desain dulu, mungkin tahun depan mudah-mudahan bisa proses pelaksanaan pembangunanya,” kata dia.

 

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Sungai Cimoyan berpotensi dalam kemajuan sektor pertanian, karena alirannya mampu mengairi sawah masyarakat yang mencapai 4000 hektare.

 

“Kami bersama tim BBWSC3 mengecek aliran sungai cimoyan, mana saja yang bisa dibangun, sehingga aliran sungai cimoyan ini mampu mengairi hamparan sawah yang cukup luas,” jelasnya.

 

Menurut Irna, jika aliran sungai Cimoyan dikelola dengan baik, diyakini dapat berdampak pada peningkatan sektor pertanian yang lebih maju dan kesejahteraan masyarakat.

 

Sebelum meninjau, Irna telah bertemu dengan Kepala BBWSC3, Saroni Soegiarto di Pendopo Pandeglang. Pada pertemuan tersebut Bupati Irna meminta penanganan aliran sungai dilakukan secara merata di Pandeglang.

 

“Banyak di kita sungai yang sudah ada sendimentasinya, kami harap segera ditangani karena ini salah satunya penyebab terjadinya banjir,” ujarnya, Jumat (12/03).

 

Kepala BBWSC3 Saroni Soegiarto mengatakan, kehadiran dirinya ke Pandeglang adalah tindaklanjut dari intruksi Menteri PUPR.

 

“Kami kesini untuk membantu pengelolaan sumberdaya air di Pandeglang dengan pengaturan lebih baik masyarakat akan sejahtera,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply