Program Jaka Mantul Jadi Fokus Pembangunan Irna dan Tanto

Pelaksanaan Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026 yang digelar secara virtual di ruang pintar Setda Pandeglang, Kamis (12/08/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Program Jaka Mantul atau Jalan Kabupaten Mantap Betul menjadi salah satu fokus pembangunan pada periode kedua Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban.

 

Hal itu diketahui pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yang digelar secara virtual di ruang pintar Setda Pandeglang, Kamis (12/08/2021).

 

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban menuturkan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026 adalah awal pelaksanaan RPJMD periode kedua untuk kepemimpinan pasangan yang mempunyai nama Intan ini. Untuk itu, kata Tanto, setiap program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengacu kepada RPJMD.

 

“Saya harap pemangku kebijakan di OPD dalam membentuk program harus merupakan turunan dari visi dan misi yang tercantum dalam RPJMD sehingga nanti outputnya akan terlihat,” ujar dia saat membuka acara.

 

Tanto mengatakan, pelaksanaan RPJMD saat ini mempunyai tantangan yang besar. Sebab bukan hanya melaksanakan program pembangunan, namun harus fokus juga pada penanganan pandemi Covid-19.

 

“Tantangannya berat, inilah kenyataan. Solusinya kita harus meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan membuka daerah ekonomi baru misalkan kawasan industri itu yang harus dilakukan,” bebernya.

 

Diungkapkan dia, visi misi di periode kedua ini yakni ‘Pandeglang Berkah, Berdaya Saing, dan Sejahtera’. Hal ini, menurut dia, harus tercapai selama lima tahun kedepan hingga 2026. Salah satu turunan dari visi itu adalah program Jaka Mantul.

 

“Semua turunannya mengarah kesana, Pandeglang berdaya saing, masyarakat sejahtera tidak keluar dari visi dan misi. Kita maksimalkan khususnya jalan Kabupaten dan sebetulnya ini terus kita lakukan dari tahun sebelumnya,” imbuhnya.

 

Baca: Tak Dapat Gelar Upacara HUT RI, Anggota Paskibraka Sedih

 

Baca: Polsek Panimbang Rayakan Tahun Baru Islam dengan Santuni Anak Yatim

 

Ditempat sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang, Utuy Setiadi mengatakan, tujuan dari Musrenbang RPJMD Kabupaten Pandeglang tahun 2021-2026 untuk menjaring saran dan masukan dari semua unsur baik pemerintah, masyarakat, akademisi dan stakeholder lain dalam perbaikan rancangan RPJMD.

 

“Kesepakatan yang dihasilkan mencakup visi, tujuan, sasaran pembangunan daerah, strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah dan program perangkat daerah yang disertai kebutuhan pendanaan,” ujarnya.

 

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Pandeglang Asep Rafiudin, Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, Kabid PSDA Bappeda Provinsi Banten Zaenal Muttaqin, para Kepala OPD, Camat, OKP, dan unsur lainnya yang mengikuti secara virtual. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.