ADSENSE

» » Tips yang Terdengar Aneh tapi Efektif Atasi Masalah Kesehatan



KRAKATAURADIO.COM, JAKARTA - Ada beberapa tips kesehatan yang terdengar aneh namun terbukti efektif dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Mulai dari minum kopi sebelum tidur siang hingga diet dengan mengonsumsi makanan lebih banyak. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Time, Selasa (18/1/2022):

1. Minum kopi agar tidur siang lebih nyenyak

Sebuah studi di Jepang yang mengkaji bagaimana tidur siang yang lebih baik, mengungkapkan bahwa mereka yang minum sekitar 200 mg kafein (setara dengan satu hingga dua cangkir kopi) dan langsung tidur siang selama 20 menit lebih mudah bangun dan punya performa yang lebih baik ketimbang yang tidak.

Bagaimana bisa? Hal ini karena tidur siang hanya selama 20 menit setelah kafein beraksi dalam tubuh akan menjernihkan pikiran dari molekul yang disebut adenosin sehingga memaksimalkan rasa kewaspadaan.

"Adenosin adalah produk sampingan dari otak yang menipu diri Anda agar terbangun dan beraktivitas," kata Allen Towfigh MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine.

Ketika kadar adenosin meningkat, kita menjadi lebih lelah. Tidur siang menyapu seluruh adenosin dan ketika terbangun, tubuh jadi lebih segar.”

2. Jangan langsung sikat gigi setelah makan

Bila ingin menjaga kesehatan gigi Kaka Teteh, jangan langsung menggosok gigi usai makan. Terlebih bila Kaka Teteh sebelumnya mengonsumsi makanan atau minuman asam. 

"Makanan asam seperti buah jeruk, minuman olahraga, tomat, dan soda, dapat melunakkan email gigi seperti batu pasir basah,” kata Howard R. Gamble, mantan ketua Academy of General Dentistry.

Menyikat gigi Kaka Teteh dalam kondisi tersebut dapat mempercepat efek asam pada enamel gigi dan menyebabkan erosi lapisan di bawahnya. Gamble menyarankan untuk menunggu 30 menit sesudah makan baru menggosok gigi. 

3. Diet dengan makan lebih banyak

Orang yang melakukan diet umumnya memangkas porsi makan mereka daripada menambahnya. Padahal, cara ini hanya menyebabkan lebih cepat lapar dan diet menjadi tidak efektif.

Makan karbohidrat dalam jumlah kecil tidak menghasilkan apa-apa selain meningkatkan gula darah Anda dan membuat Anda menginginkan lebih banyak karbohidrat,” jelas Amy Goodson, RD, ahli gizi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine.

Namun dengan memperbanyak makanan yang berkalori rendah, seperti protein dari daging ayam atau buah-buahan.

Mereka lebih tinggi kalori per porsi, tetapi protein dan lemak membantu Anda kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama dan Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan,” katanya.

4. Jangan konsumsi minuman berenergi saat lelah

Minuman energi mengandung kafein hingga lima kali lebih banyak daripada kopi, tetapi efek itu justru lebih cepat berlalu dan meninggalkan efek samping seperti kegugupan, mudah marah dan meningkatnya denyut jantung.

Minuman energi juga sering mengandung taurin tingkat tinggi, stimulan sistem saraf pusat, dan lebih dari 50 gram gula per kaleng (atau senilai 13 sendok teh). 

Ini dapat meningkatkan gula darah untuk waktu yang sebentar, lalu membuat Anda lesu dan susah berpikir serta menginginkan lebih banyak minuman berenergi.

SEMOGA BERMANFAAT !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply