ADSENSE

» » Mahasiswa KKN Bersihkan Sampah di Pantai Teluk Labuan, Ini Pesannya

Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan di pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/08/2022).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Puluhan mahasiswa yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membersihkan tumpukan sampah di kawasan pantai di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Senin (22/08/2022). Aksi ini dilakukan dalam rangka HUT ke-77 RI dan bakti kepada masyarakat.

 

Selain menggelar aksi bersih-bersih, mahasiswa dari Sekolah Tinggi Syekh Mansyur (Staisman) Pandeglang ini juga menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih di atas tumpukan sampah.

 

Ketua Kelompok 1 KKN Staisman Pandeglang, Nurul Hikmah Awaliah mengatakan, sebelum kegiatan ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa dinas agar adanya pembersihan sampah menggunakan alat berat dan armada pengangkut yang banyak. Namun karena respon dari dinas tidak terlalu bagus, maka pihaknya memutuskan untuk membersihkan sampah menggunakan alat seadanya.

 

“Dalam satu minggu di awal KKN itu kita berusaha untuk mengajukan petisi, proposal, segala data yang dibutuhkan untuk bisa dapetin mobil sekitar 20 atau berapa, tapi ternyata itu gak goal dengan kelemahan kekuatan kita gak seberapa,” kata dia saat kegiatan.

 

Pihaknya mengaku kegiatan tersebut sebagai salah satu program kerja dengan harapan kegiatan serupa dapat dilakukan di masa yang akan datang.

 

“KKN ini biar ada bekas di masyarakat bahwa KKN ini bukan hanya sekedar kita datang lalu kita pulang lagi tapi ingin memberikan pesan dan kesan bahwa semua itu bisa diubah kalau mindset masyarakatnya bisa diubah juga,” ujarnya.

 

Berdasarkan pantauan, puluhan mahasiswa ini mengumpulkan sampah dengan membawa kantong plastik besar. Sampah yang terkumpul akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikedal. Menurut dia, selain kegiatan bersih-bersih sampah di pinggir pantai kegiatan bersih-bersih selokan dari sampah juga akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

Baca: Polres Pandeglang Tunjuk Wilayah Ini Jadi Lokus Kawasan Tertib Lalu Lintas

 

Baca: Audisi Pemilihan Kaka Teteh Pandeglang 2022 Dimulai, Anggota DPR RI Dukung Penuh

 

Ditempat sama, Ketua Panitia KKN STAISMAN, Aat Royhatudin mengatakan, kegiatan upacara yang dilakukan di atas tumpukan sampah ini sebagai bentuk kritikan terhadap pemerintah. Hal ini karena dalam momentum Hari Kemerdekaan namun aksi membuang sampah sembarangan masih terjadi.

 

“Kita secara ini merdeka ya tetapi pada dasarnya tidak terutama dari melihat sampah ini. Saya yakin ketika orang melihat sampah disini itu jiwanya belum merdeka,” ucap dia.

 

Ia berharap, setelah adanya kegiatan mahasiswa membersihkan sampah di bibir pantai membuat pemerintah lebih peka lagi dalam hal penanganan sampah di Kecamatan Labuan.

 

Baca: Bantu Soal Mitigasi Bencana, Mahasiswa STAISMAN KKN di Kecamatan Labuan

 

Sementara Kepala Desa (Kades) Teluk, Sophian Hadi mengapreasi kepedulian dari mahasiswa Staisman dalam membersihkan sampah di Desa Teluk. Ia mengakui, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan sampah.

 

“Sebenarnya saya sudah berusaha kesana kemari termasuk sekarang alhamdulillah ya boleh dilihat kita ada mobil sampah. Kalau dibilang kurang memadai emang kurang, pertama kendaraan itu engkel ya bukan dump truk jadi kapasitas sedikit untuk angkut. Pernah saya uji coba selama dua bulan sampah itu banyak sekali dan berasa sama masyarakat setelah kita angkut, cuma karena PAD nya kurang sehingga pihak desa kalau bahasa kasarnya tekor lah, tekornya luar biasa jadi mampu dua bulan karena daya angkut kurang,” imbuh dia.

 

“Makanya dengan ada mahasiswa ini saya harapkan mahasiswa bisa mendorong yang terkait (seperti) dinas lingkungan hidup maupun dari mana, kita butuh armada,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply