ADSENSE

» » Terlihat Jelas! Ini Penampakan Gunung Anak Krakatau di Awal Tahun 2023

Visual dari pos GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, tanggal 1 Januari 2023 pukul 18.10 WIB.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di perairan Selat Sunda yang terletak di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, terpantau jelas di awal tahun 2023. Biasanya visual menunjukkan gunung tertutup kabut, namun di awal tahun penampakan GAK terlihat jelas.

 

Berdasarkan laporan aktivitas GAK periode 1 Januari 2023 pukul 12.00-18.00 WIB yang diakses di laman https://magma.esdm.go.id/v1, ketinggian GAK saat ini masih berada di 157 meter dari permukaan laut (mdpl), dengan cuaca berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur. Suhu udara 26.1-27 °C dan kelembaban udara 60-74 %.

 

Secara visual, GAK terlihat jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 25-100 m di atas puncak kawah.

 

Baca: Bupati Irna Pastikan Warga Terdampak Banjir Dapat Bantuan

 

Baca: Rumah Roboh Saat Subuh, Satu Keluarga di Mandalawangi Terluka

 

Sementara aktivitas kegempaan, terpantau gunung yang pernah erupsi di tahun 2018 ini beberapa kali mengalami gempa dengan frekuensi rendah. Dari laporan pada 1 Januari, hanya 1 kali dengan durasi 4 detik. Namun di hari kedua Januari, terpantau 1 kali low frekuensi dan 1 kali gempa vulkanik dalam dengan status Level III atau Siaga.

 

Masyarakat atau pengunjung, wisatawan atau pendaki direkomendasikan tidak mendekati gunung atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

 

Sumber data Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau. Akses di https://magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/laporan. Media Sosial PVMBG https://linktr.ee/PVMBG. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply