Hari Jadi ke-149, Pemkab Gelar Festival UMKM dan Bazar Ramadan

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban saat mengunjungi salah satu stand UMKM dan Bazar Ramadan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pandeglang ke-149, di Alun-alun Pandeglang, Sabtu (01/04/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, berupaya meningkatkan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) dan menyemarakan bulan suci Ramadan melalui Festival UMKM dan Bazar Ramadan dalam rangka Hari Jadi ke-149, di Alun-alun Pandeglang, 1 sampai 7 April 2023.

 

“Acara ulang tahun hari jadi kabupaten Pandeglang saat ini sangat berbeda, dimana dalam peringatan kali ini banyak rangkaian kegiatan untuk masyarakat diantaranya festival UMKM dan bazar ramadan,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita didampingi Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM), Yulius.

 

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian UMKM dan bangkit setelah diterpa kelesuan ekonomi akibat pandemi serta dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai kegiatan Islami.

 

“Festival UMKM dan bazar ramadan ini merupakan tempat pusatnya para pelaku usaha kreatif menjajakan dan mempromosikan produk kerajinan tangan, hal ini menjadi bagian dari meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

 

Menurut dia, suksesnya acara Hari Jadi Kabupaten Pandeglang tidak lepas dari kolaborasi dan koordinasi dengan semua pihak terutama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pandeglang, dimana dalam kegiatan tersebut, Kadin berhasil menghimpun ratusan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dalam satu ajang.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan tamu undangan melepas balon gas ke udara sebagai simbol dimulainya Festival UMKM dan Bazar Ramadan di Alun-alun Pandeglang, Sabtu (01/04/2023).
 

Baca: Diduga Cemburu, Pria di Pandeglang Bacok Pacar Baru Mantan Istri

 

Baca: Cuaca Buruk, Tiang Listrik di Pesisir Pantai Menuju Anyer Roboh

 

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM, Yulius menyampaikan apresiasi kepada Pemkab dan Kadin Pandeglang yang telah menggelar Festival UMKM dan Bazar Ramadan.

 

“Festival UMKM dan bazar ramadan sebagai upaya mendorong perekonomian serta sebagai pemicu bagi para pelaku usaha lokal untuk lebih berkembang,” ucap dia.

 

Pandeglang, lanjutnya, memiliki potensi UMKM yang luar biasa. Maka, potensi ini harus terus dikembangkan agar produk-produk lokal bisa lebih berkembang dan mampu bersaing dengan produk luar.

 

“Kami tentunya berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum spiritual dan kebangkitan ekonomi rakyat,” imbuhnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab juga memborong produk-produk lokal yang dijajakan. Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban beserta rombongan memborong produk yang dijual seperti sepatu, kaos lokal berlogo peringatan hari jadi, gula aren, opak, samak dan lainnya.

 

Baca: Pokja Wartawan Pandeglang Gandeng PT. TFJ Buka Bersama di Panti Asuhan Hasanudin

 

Sementara, Ketua Kadin Pandeglang, Endi Fahrudin mengatakan, Festival UMKM dan Bazar Ramadan digelar sejak 1 April sampai dengan 8 April 2023.

 

Adapun rangkaian acara dalam pesta rakyat ini diantaranya Istigosah atau Haul Akbar, lomba fashion show busana muslim, stand up comedy live show, pertunjukan teater, festival jalan obor, dan penampilan penyanyi religi Opick. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.