Usulan Dua DOB, Pusat Pemerintahan Dipindah

Pandeglang - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi mengatakan, pada dasarnya pemerintah mendukung dan telah memberikan dorongan mengenai harapan masyarakat atas terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB), baik di Cibaliung maupun Caringin.

Hanya saja, bupati berpendapat, untuk tujuan pemerataan pembangunan dan terutama peningkatan pelayanan pada masyarakat, tentunya tidak harus dilakukan pemekaran, melainkan cukup memindahkan pusat pelayanan pemerintahan ke tempat yang dinilai lebih strategis, seperti misalnya ke Cibaliung atau ke Caringin.

Menurutnya, rencana pembentukan DOB, terlebih itu dilakukan dua wilayah sekaligus akan sangat tidak sehat bagi perkembangan kabupaten induk. Banyak aspek yang mengakibatkan kurang sehatnya perkembangan kabupaten induk maupun DOB nantinya.Salah satunya mengenai pengembangan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada, termasuk mengenai keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Seperti diketahui, harapan masyarakat bagi pembentukan DOB di dua wilayah, yaitu Cibaliung dan Caringin beberapa tahun belakangan terus bergulir dan disuarakan masyarakat salah satunya disuarakan melalui Bakor Percepatan Pembentukan Kabupaten Cibaliung (Bakor-P2KC).

Sekjen Bakor P2KC, M. Naim menyatakan, sesuai dengan hasil audiensi dan arahan Komisi II DPR, Bakor meminta Pemkab Pandeglang melakukan presentasi ke DPR terkait pemekaran Cibaliung. Hal ini sesuai dengan permintaan dari anggota DPR, dimana pemekaran wilayah, dinilai memungkinkan meski adanya moratorium pemekaran wilayah. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.