Miliki 84 Sekolah Penggerak Terbanyak di Banten, Kabupaten Pandeglang Dapat Penghargaan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menerima penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Banten, Selasa (30/05/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang memiliki sekolah penggerak terbanyak di Provinsi Banten, mengalahkan kabupaten/kota lainnya. Ada sebanyak 84 sekolah yang tergabung dalam PAUD, SD, dan SMP. Banyaknya sekolah penggerak ini mendapatkan penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten.

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang meraih penghargaan program sekolah penggerak berkat komitmen, dukungan, serta pencapaian kinerja pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

 

Kepala BPMP Banten, Afrizal Sihotang mengatakan, penghargaan ini pantas diberikan kepada Pandeglang, mengingat banyaknya sekolah penggerak. Menurut dia, untuk menjadi sekolah penggerak tidak mudah dan harus melalui proses panjang yang dilewati. Untuk itu, ia yakin pendidikan di Pandeglang bisa berkembang.

 

“Kepala sekolahnya yang dinilai oleh kementerian pendidikan, bukan sekolahnya bagus atau tidak. Makanya kami bangga di Pandeglang banyak sekolah penggerak, karena untuk menjadi sekolah penggerak itu tidak mudah,” kata dia usai memberikan penghargaan kepada Bupati Pandeglang di Pendopo, Selasa (30/05).

 

Ia menambahkan, dengan banyaknya sekolah penggerak, daerah tersebut akan diuntungkan. Sebab program yang diberikan oleh Kementerian akan berbeda untuk sekolah penggerak.

 

“Seluruh program kementerian pendidikan akan lebih dulu hadir ke sekolah penggerak, kurikukum merdeka belajar diujikan dulu ke sekolah penggerak, dan mendapatkan BOS kinerja,” ujarnya.

 

Baca: Emak-emak di Labuan Menjerit Harga Telur Ayam Diatas Rp 30 Ribu

 

Baca: Terkait Pembatalan Pengadaan Sepeda Listrik, Ini Kata Anggota DPRD Pandeglang

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita memberikan apresiasi bagi para Kepala Sekolah khususnya sekolah penggerak. Sebab karena peran kepala sekolah dan guru dapat terbentuk generasi yang cerdas berkualitas.

 

Ia menuturkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program sekolah penggerak Kemendikbud Ristek.

 

“Saya apresiasi kepala sekolah atas kinerjanya. Memang kepala sekolah wajib tahu karakter peserta didik sehingga bisa mengangkat potensi yang ada dan tidak semua kepala sekolah memiliki itu,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.