Akarsari Culture Festival 2023 Siap Digelar, Angkat Pelestarian Alam, Budaya dan Ekonomi Masyarakat

Bupati Pandeglang, Irna Narulita berfoto bersama panitia Akarsari Culture Festival di Pendopo, Selasa (13/06/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kehadiran Akarsari Culture Festival 2023 dalam agenda acara wisata daerah di tahun ini menjadi hal yang dinantikan. Akarsari Culture Festival merupakan festival budaya dengan konsep sinergi antara unsur budaya, potensi wisata serta pemberdayaan masyarakat lokal agar bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

 

Ketua Pelaksana Akarsari Culture Festival, Yudi Wahyudin mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 15-20 Juli 2023. Menurut dia, event ini bertujuan sebagai bentuk pelestarian alam, budaya dan peningkatan ekonomi masyarakat.

 

“Untuk pelestarian alam tadinya hutan yang gundul kita akan lakukan penanaman pohon di sekitar kawasan gunung Aseupan, gunung Karang, dan gunung Pulosari. Kemudian untuk budaya kita akan tampilkan dan angkat budaya-budaya yang ada di Pandeglang,” kata Yudi usai bertemu Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Selasa (13/06).

 

Yudi menuturkan, terkait peningkatan ekonomi masyarakat pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara perusahaan eksportir Indonesia dengan para pelaku UMKM.

 

“Kegiatan akarsari ini adalah sebuah monumental yang memang harus kita angkat supaya nanti Banten khususnya Pandeglang terkait dengan budaya, lingkungan dan sebagainya bisa kita jadi sebuah event nasional,” terangnya.

 

Baca: Lembaga Penyiaran Radio Masih Eksis di Pandeglang, Pemda Siap Kolaborasi

 

Baca: KPID Banten Roadshow ke Pandeglang, Sampaikan Peran Penting Lembaga Penyiaran

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku siap mendukung kegiatan Akarsari Culture Festival yang akan digelar di Alun-alun Kecamatan Saketi ini.

 

“Saya selaku bupati Pandeglang merasa bahagia sekali bercampur haru karena masih ada pelaku-pelaku pentahelix yang mau mengangkat harkat martabat Pandeglang, memelihara dan melindungi yang positif, ini tanda bukti para pahlawan-pahlawan kekinian yang bisa mengangkat Pandeglang maju kedepan,” ucap Irna.

 

Ia mengajak kepada seluruh pihak untuk mensukseskan acara tersebut. Menurut dia, kegiatan ini dinilai tidak hanya akan memberikan kebahagiaan saja melainkan juga mengangkat ekonomi masyarakat. Apalagi, visi misi dalam event tersebut diantaranya pelestarian alam, budaya dan ekonomi.

 

“Saya menyambut baik akan terselenggaranya acara Akarsari Culture Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 20 Juli yang diinisiasi oleh kolaborasi organisasi se kabupaten Pandeglang tempatnya di Alun-alun Saketi. Mari kita sukseskan acara ini, hadiri dan meriahkan. Jaga alam, jaga budaya, lestari,” imbuh dia.

 

Kegiatan ini, lanjutnya, akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat karena bekerja sama dengan UMKM lokal.

 

“Mereka (pelaku UMKM) pasti kan punya tempat disitu supaya ekonomi kita membaik. Karena sekarang produk Pandeglang sudah mulai berkelas, yang belum berkelas kita didik dan berikan pelatihan,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.