Ketua Komnas PA Kecam Kasus TPPO di Pandeglang, Siap Kawal Kasus Sampai Tuntas

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Pandeglang, Mujizatullah Gobang Pamungkas.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Pandeglang, Mujizatullah Gobang Pamungkas, mengutuk keras para pelaku kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang kini tengah ditangani Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pandeglang.

 

“Saya mengecam, saya mengutuk secara keras perilaku biadab dari oknum yang sudah memperdagangkan anak di bawah umur. Ini tentu saja menambah catatan hitam bagaimana kekerasan terus terjadi di Pandeglang,” kata dia, Rabu (21/06).

 

Menurut dia, sejauh ini kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak masih banyak terjadi, baik itu kekerasan seksual, kekerasan fisik dan yang teranyar perdagangan orang.

 

Komnas PA, lanjut dia, akan mengawal kasus tersebut sampai tuntas.

 

“Naudzubillah. Sekali lagi kami dari komnas perlindungan anak mengutuk keras perilaku yang dilakukan oleh para tersangka dan kami akan mengawal kasus ini sampai ke persidangan. Sebab walau bagaimanapun ini harus dijadikan pembelajaran,” tegasnya.

 

Ia menerangkan, selama ini banyak kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang belum terungkap. Hal ini karena sebagian besar para korban merasa malu dan takut untuk melapor.

 

“Kalau ada misalnya tetangga atau punya teman yang terindikasi melakukan perilaku-perilaku yang menyimpang maka masyarakat harus jadi pelopor untuk pelapor, harus berani untuk menjadi pelapor. Nah ini kan berlangsung lama mereka melakukan TPPO itu artinya mungkinkah karena ketidakpedulian kita, masa bodoh gitu, cuek,” tandasnya.

 

Baca: Berhasil Ungkap Kasus TPPO, Polres dan Kejari Pandeglang Dapat Apresiasi dari Mensos Risma

 

Baca: Berdedikasi dalam Pemenuhan Hak Anak, Komnas PA Pandeglang Beri Penghargaan kepada Ponpes MALNU Menes

 

Di satu sisi, pihaknya mengapresiasi atensi Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini yang berkunjung ke Pandeglang untuk menyoroti kasus ini. Namun, ia meminta agar pemerintah juga hadir untuk mendampingi para korban.

 

“Jadi bu mensos jangan cuma berkunjung, melihat, kemudian mensupport penyidik, itu mah pasti berjalan kok, yang terpenting adalah bagaimana kemudian perhatian kementerian sosial terhadap masa depan si anak. Mereka butuh pendampingan, psiokolog dalam rangka merecovery mental mereka,” pungkas dia.

 

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini berkunjung ke Kabupaten Pandeglang terkait maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Salah satu lokasi yang dikunjungi Mensos yakni Polres Pandeglang.

 

Dalam kesempatan itu, Mensos Risma bertemu langsung dengan 2 orang pelaku yang telah diamankan. Saat bertemu dengan para tersangka, Mensos langsung meluapkan kekesalannya.

 

Risma berbincang langsung dengan emosional kepada 2 pelaku kasus TPPO anak dibawah umur yang ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pandeglang, Rabu (20/06). (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.