MUI Pagelaran Akan Miliki Gedung, Target Selesai Akhir Tahun 2023

Ketua MUI Kecamatan Pagelaran, H. Muhammad Tohiri (tengah) saat peletakan batu pertama gedung MUI, Rabu (08/11/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PAGELARAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, akan segera memiliki gedung representatif, pasca dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung, Rabu (08/11/2023).

 

Pembangunan gedung yang terletak di sisi alun-alun Pagelaran, tepatnya di Kampung Ciamis, Desa Pagelaran, ini dihadiri satuan Muspika setempat. Ketua MUI Kecamatan Pagelaran, H. Muhammad Tohiri mengatakan, pihaknya telah mengajukan pembangunan gedung sejak beberapa tahun lalu.

 

“Keinginan untuk mempunyai gedung MUI di kecamatan karena berusaha kesana kesini belum juga kemilikan. Alhamdulillah melalui hubungan kami dengan pemda sehingga nyambung sehingga kami disuruh datang ke Pandeglang sekaligus membuat pernyataan,” kata dia.

 

Pihaknya mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait pembangunan gedung MUI. Pembangunan gedung ini menggunakan anggaran secara swadaya atau gotong royong.

 

“Usaha-usaha yang lainnya paling juga kerja sama dengan pihak ini itu dan sebagainya sehingga ada dukungan. Kalau dukungan banyak, baik dari masyarakat juga dari yang lain, pengusaha-pengusaha juga, alhamdulillah,” ujarnya.

 

Baca: Penerima Program BPNT di Sindangresmi Keluhkan Bantuan yang Tidak Kunjung Cair

 

Baca: Jumat Keramat, KPU Pandeglang Akan Tetapkan DCT Pileg 2024

 

Ditempat sama, Camat Pagelaran, M. Asep Saefudin menuturkan, latar belakang pembangunan gedung MUI ini karena selama ini MUI menempati bangunan milik Desa.

 

“Karena mereka itu punya gedung di beberapa tempat tapi numpang milik desa. Maka saya mengadu kepada ibu bupati Pandeglang dengan saya meminta ketua MUI untuk membuat surat permohonan hibah atau pinjam tanah milik pemda kabupaten Pandeglang yang ada di pinggir lapangan Pagelaran. Karena ini adalah untuk kemaslahatan umat, alhamdulillah ibu bupati respon,” ucap dia.

 

Bantuan ini, kata dia, di nilai sebagai bentuk perhatian Pemkab Pandeglang kepada ulama sebagai garda terdepan kemaslahatan umat di Kecamatan Pagelaran. Dia berharap, pembangunan itu dapat membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk pembangunan dan pengamalan nilai-nilai agama.

 

“Melalui gedung MUI kecamatan ini diharapkan adanya persatuan dan kesatuan diantara MUI desa dengan MUI kecamatan dalam rangka beramar makruf nahi mungkar. Nanti gedung ini bisa digunakan untuk pengajian-pengajian tingkat kecamatan yang pada akhirnya menjadikan kecamatan Pagelaran ini islami,” imbuhnya.

 

Secara umum pembangunan gedung gedung MUI itu di targetkan dapat tuntas keseluruhannya dan beroperasi pada akhir tahun 2023. Ia meminta peran masyarakat dan para donator dalam mensukseskan pembangunan tersebut.

 

“Saya menginginkan ini sebelum 31 Desember sudah beres,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.