Penyintas Bencana Angin Puting Beliung Dapat Bantuan BBR

Simbolis penyerahan bantuan bahan bangunan rumah kepada korban terdampak angin puting beliung di Kabupaten Pandeglang, Rabu (13/12/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada keluarga korban bencana angin puting beliung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Warga yang terdampak bencana tersebar di Kecamatan Cadasari dan Karangtanjung.

 

Ketua Tim Pemulihan dan Penguatan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, Dika Yudistira mengatakan, bantuan BBR ini diberikan kepada warga yang terdampak bencana dengan kriteria rumahnya masih mengalami kerusakan.

 

“Ada sekitar 136 usulan dari pemkab Pandeglang yang terdampak bencana angin puting beliung, akan tetapi setelah verifikasi di lapangan hanya tujuh yang layak verifikasi karena rumah warga yang terdampak bencana lainya sudah dalam kondisi normal tidak dalam kondisi rusak,” kata dia di Aula kantor Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang, Rabu (13/12).

 

Ia menerangkan, bantuan yang disalurkan jumlahnya variatif atau tergantung dari kerusakan. Ada yang menerima 18 juta sampai 25 juta.

 

Baca: Ratusan Pjs Kades di Pandeglang Diputuskan Kapan? Ini Jawaban DPMPD

 

Baca: Polres Pandeglang Siapkan 200 Personel Amankan Libur Nataru

 

Ditempat sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemensos RI atas bantuan tersebut.

 

“Saya berpesan kepada warga yang menerima agar bisa memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai bansos ini jadi persoalan dan hilang kepercayaan,” ujarnya.

 

Untuk diketahui, peristiwa angin kencang itu terjadi pada Kamis (26/10) lalu, sekitar pukul 14.00 WIB. Selain merusak bangunan dan fasilitas umum, bencana ini juga turut merenggut dua korban jiwa. Sementara dilaporkan bahwa satu korban yang mengalami luka ringan. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.