Polres Pandeglang Siapkan 200 Personel Amankan Libur Nataru

Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kepolisian Resor (Polres) Pandeglang siap menurunkan 200 personel untuk mengamankan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Pengamanan akan difokuskan di tempat-tempat ibadah serta lokasi wisata.

 

Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi mengatakan, dalam pengamanan libur Nataru, Polres Pandeglang akan menyiapkan pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) dan menerjunkan 200 personel.

 

“Kami letakan pos pelayanan yaitu di alun-alun Pandeglang kemudian mengantisipasi kemacetan yaitu di Mengger ada pospam, kemudian di lokasi wisata yaitu di Carita. Kami juga ada pos gatur yang menjadi tempat kemacetan, kita juga memetakan di tempat-tempat wisata,” kata dia, Rabu (13/12).

 

Petugas di lapangan, lanjutnya, akan dibagi untuk melakukan imbauan baik kepada wisatawan dan pelaku wisata, agar momen libur Nataru dapat berjalan lancar.

 

“Kami letakan pengamanan-pengamanan dan memberikan sosialisasi kepada pengunjung maupun pemilik hotel atau pemilik wisata agar sama-sama kita menjaga jangan sampai adanya wisatawan ini tidak nyaman,” ujarnya.

 

Kepolisian juga menyoroti terkait momen pengamanan libur Nataru tahun ini yang bersamaan dengan tahapan masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Diharapkan, masyarakat dapat menjaga kondusifitas.

 

“Beririsan juga dengan operasi mantap brata, nah kita juga mengantisipasi pelaksanaan kegiatan kampanye agar tetap berjalan dengan aman dan tertib. Kami sudah membagi personel yang melaksanakan pengamanan natal dan tahun baru kemudian juga pelaksanaan kegiatan tahapan kampanye,” terang dia.

 

Baca: 108 Kades di Pandeglang Habis Masa Jabatannya, Apdesi Sampaikan Apresiasi

 

Baca: Tahun 2023, Angka Kecelakaan Menurun Tapi Korban Meninggal Meningkat

 

Sebelumnya, pergerakan wisatawan yang akan datang ke Kabupaten Pandeglang, diperkirakan mencapai 500 ribu orang. Kawasan wisata pantai Carita masih menjadi favorit destinasi yang akan dikunjungi.

 

Setidaknya itulah perkiraan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pandeglang merujuk fenomena serupa di tahun-tahun sebelumnya.

 

Kepala Disparbud Pandeglang, Neneng Nuraeni mengatakan, angka ini berdasarkan total jumlah wisatawan yang datang ke Pandeglang di momen yang sama pada tahun lalu.

 

“Kalau tahun kemarin dari 1 bulan aja itu sekitar 500 ribuan (wisatawan). Jadi kita itung tuh dari momen-momen liburan sama yang Sabtu-Minggu, gitu,” ucap dia.

 

Baca: 500 Ribu Wisatawan Diperkirakan Kunjungi Pandeglang di Libur Nataru, Disparbud Fokus Pengamanan

 

Neneng mengaku masih terus memfokuskan seputar keamanan dan keselamatan para wisatawan.

 

“Kalau libur nataru biasanya kita adakan rapat koordinasi dengan Dishub, Satpol PP, kepolisian khususnya di bidang objek vital. Kemudian juga kita mengundang Balawista. Nah itu bagaimana kita berkolaborasi untuk menjaga pengamanan, baik pengamanan di jalannya maupun pengamanan di tempat objek wisata,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.