Usai Dilantik Anggota KPPS Wajib Tanam Pohon

Penanaman pohon di bumi perkemahan Kwarran Labuan dilakukan oleh anggota KPPS Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Kamis (25/01/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Labuan, Pandeglang, diwarnai aksi penanaman pohon. Hal tersebut sebagai simbol mengganti kertas yang digunakan untuk logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

Diketahui, di Kecamatan Labuan terdapat 1.120 KPPS yang tersebar di 160 TPS dengan jumlah paling banyak di Desa Teluk sebanyak 32 TPS. Berdasarkan pantauan pada pelantikan KPPS yang dilakukan oleh PPS Desa Caringin, pasca acara pelantikan dilanjut dengan kegiatan aksi penanaman bibit pohon.

 

Ketua PPS Desa Caringin, Andy Soehandy mengatakan, hal ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih pada alam lantaran dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini KPU menggunakan kertas surat suara dari batang pohon.

 

“Sesuai dengan instruksi KPU RI bahwa pelaksanaan Pemilu itu menggunakan kertas yang banyak, karena kertas terbuat dari pohon. Nah dengan cara reboisasi atau penanaman kembali supaya kedepannya bisa lebih hijau lagi. Ini se-Indonesia jadi tidak hanya di Labuan atau KPU Pandeglang,” kata dia ditemui usai pelantikan di Gedung PGRI Labuan, Kamis (25/01).

 

Ia menuturkan, jenis pohon yang ditanam adalah pohon keras. Untuk lokasi penanaman sendiri pihaknya memilih ditanam di Bumi Perkemahan (Buper) Kwarran Labuan.

 

“Kita pohon yang produktif mulai dari jengjeng dan sebagainya yang sifatnya kuat. Intruksi dari KPU satu anggota satu pohon,” ujarnya.

 

Baca: Turunkan Stunting, Pemkab Pandeglang Jalin Sinergi dengan Tanoto Foundation

 

Baca: KPU Pandeglang Rampungkan Sortir dan Pelipatan Surat Suara

 

Adapun, KPPS yang dilantik di Caringin sendiri sebanyak 140 orang dengan jumlah 20 TPS. Seusai pelantikan, KPPS direncanakan mengikuti bimbingan teknis yang digelar pada hari Jumat sampai Minggu.

 

“Kalau untuk bimtek KPPS nanti itu khusus menjelaskan tugas pokok dan fungsi mulai dari petugas 1 sampai ke 7. Kalau untuk Labuan mulai hari Jumat, Sabtu dengan Minggu, serentak,” ucap dia.

 

Baca: Distribusi Logistik Pemilu di Pandeglang Terkendala Cuaca

 

Kepala Desa Caringin, Ade M. Sufi yang hadir dalam pelantikan berharap, anggota KPPS dapat bekerja sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

 

“Harapannya bisa berjalan dengan lancar terus juga para anggotanya bisa memahami dengan aturan-aturan yang telah disampaikan,” tuturnya.

 

Ia menyatakan, pemerintah desa siap memfasilitasi KPPS terkait penempatan TPS yang aman dari ancaman cuaca dan lainnya.

 

“Paling penempatan tempat-tempat TPS nya yang tidak seperti pemilu kemarin, ada yang di lapangan mungkin kita bisa menggunakan gedung-gedung di wilayah Caringin,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.