Emak-Emak di Cikedal Serbu Beras Murah SPHP Rp 53 Ribu per 5 Kg

Ratusan emak-emak tengah mengantri membeli beras SPHP dalam kegiatan pasar murah yang digelar di kantor Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (09/03/2024).

KRAKATAURADIO.COM, CIKEDAL - Beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) Bulog menjadi rebutan ratusan warga Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (09/03/2024) siang. Dalam waktu 1 jam, beras seharga Rp 53 ribu per 5 kilogram ini langsung ludes dibeli warga yang didominasi emak-emak.

 

Berdasarkan pantauan di kantor Kecamatan Cikedal, warga sudah menunggu kedatangan pasar murah sejak pukul 1 siang. Akhirnya, sebuah truk yang mengangkut ribuan kemasan beras tiba di lokasi. Setelah diturunkan dan disusun rapi, petugas dari Polsek Cikedal dan Bulog Sub Divre Pandeglang-Lebak langsung mengumumkan lewat pengeras suara agar ibu-ibu melakukan antrian.

 

Namun, karena banyaknya ibu-ibu yang datang, antrian pun tidak efektif. Mereka pun berdesak-desakan karena takut tidak kebagian.

 

Salah satu warga Cikedal, Putri mengatakan, dirinya mendapat informasi adanya pasar murah ini dari tetangganya. Untuk itu, ia langsung berangkat ke kantor kecamatan guna membeli beras SPHP.

 

“Dapet info katanya ada pasar murah beras sama minyak di kantor Kecamatan. Harganya 53 ribu, akhirnya saya buru-buru kesini pake motor,” kata dia.

 

Baca: Porwan Pandeglang Gelar Turnamen Mobile Legends, Hadiah Jutaan Rupiah

 

Baca: Cendekiawan Kampung Jalin Kerja Sama dengan Kampus di Banten

 

Hal senada disampaikan warga lainnya, Iis. Menurut dia, dengan harga Rp 53 ribu per 5 kg sangat terjangkau. Harganya dianggap murah dibandingkan harga beras di warung maupun di pasar tradisional.

 

“Standar harganya, soalnya kalau di warung-warung masih 12,5 sampe 13 ribu. Harga ini terjangkau,” ujarnya.

 

Sementara Kanit Reskrim Polsek Cikedal, Aiptu Ade Kuswanto menuturkan, pasar murah ini digelar berkat kerja sama Bulog Sub Divre Pandeglang-Lebak bersama Polres Pandeglang yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat dalam menangani harga kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan.

 

“Ini untuk membantu masyarakat dalam menghadapi sulitnya bahan pokok yang sekarang sedang naik,” ucap dia.

 

Baca: Sambut Ramadan, PHRI Pandeglang Gelar Aksi Bersih-Bersih Masjid Peninggalan Syeikh Asnawi Caringin

 

Adapun, pasar murah ini telah dilakukan di beberapa titik di Pandeglang. Pada hari ini pun terdapat 3 titik untuk kegiatan pasar murah. Ia mengaku antusias masyarakat sangat luar biasa dalam membeli beras SPHP ini.

 

“Setelah ini bergeser ke kecamatan Pagelaran dan Sukaresmi. Memang luar biasa hari ini diluar dugaan ternyata ini kalau lihat antusias masyarakat bisa lebih 2 ton. Mudah-mudahan kedepannya perum Bulog meningkatkan kembali untuk operasi pasar khususnya beras,” tuturnya.

 

Ia berharap dengan adanya pasar murah ini bisa membantu masyarakat di Kecamatan Cikedal. Selain itu kepolisian juga menegaskan stok beras menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, dipastikan aman. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.