Sambut Ramadan, PHRI Pandeglang Gelar Aksi Bersih-Bersih Masjid Peninggalan Syeikh Asnawi Caringin

Ketua PHRI Kabupaten Pandeglang, Widiasmanto saat kegiatan bersih-bersih Masjid Agung As-Salafie peninggalan Syeikh Asnawi Caringin, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Jumat (08/03/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024 M, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar aksi bersih-bersih masjid Agung As-Salafie peninggalan Syeikh Asnawi Caringin, Jumat (08/03/2024) pagi.

 

Ketua PHRI Kabupaten Pandeglang, Widiasmanto mengatakan, aksi ini dilakukan untuk memberikan semangat dan inspirasi kepada masyarakat akan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah di Pandeglang menjelang bulan suci Ramadan.

 

“Sebelumnya kita sudah koordinasi dengan pengurus masjid maupun pengurus makam syeikh Asnawi. Jadi kita memang dari semua anggota dari Carita, Sumur termasuk di Pandeglang mengajak masing-masing pelaku usaha mengirimkan karyawannya dan bawa alat-alat untuk bersih-bersih jadi kita lakukan pembersihan di masjid syeikh Asnawi dan di makam,” kata dia.

 

Bulan suci Ramadan yang sebentar lagi hadir, lanjutnya, harus disambut dengan rasa gembira untuk semua kalangan masyarakat. Menurut dia, kegiatan menyambut Ramadan ini bukan hanya berupa tradisi ‘babacakan’ saja, namun juga bisa diisi dengan bersih-bersih masjid dan musala untuk mendukung kegiatan ibadah agar lebih khidmat.

 

“Kebersihan, kesehatan di tempat-tempat ibadah bisa lebih khusyu’ ya. Di satu sisi sebetulnya kami lagi mencoba komunikasi dengan beberapa pihak terkait dengan masjid syeikh Asnawi maupun makam ini. Kita tahu bahwa ini memiliki potensi wisata religi yang sangat besar, seyogyanya harus betul-betul ada pemeliharaan rutin, ada penataan karena saya yakin banyak dikunjungi oleh para peziarah yang jauh lebih dari luar kota ini,” ujarnya.

 

Baca: Dimyati Restui Risya Maju Pilbup Pandeglang 2024

 

Baca: Ibunda Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Tutup Usia

 

“Mereka begitu kesini bisa ibadah khusyu’, bisa melihat budaya Pandeglang, hasil UMKMnya, sehingga kita juga ikut memperkenalkan. Nah kita lihat potensi masih besar banyak yang harus kita olah lagi,” sambung dia.

 

Widi menambahkan, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah ini diharapkan menjadi kegiatan rutin PHRI yang diselenggarakan setiap tahunnya menjelang Ramadan.

 

“Insya Allah iya, karena paling tidak baru awal kita terus kedua juga gak mungkin kita sendiri bisa menjalankan tapi ini harus melibatkan semua stakeholder,” ungkapnya.

 

Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat setempat. Mereka ikut bergabung membersihkan masjid baik lingkungan dalam maupun di luar dengan menggunakan alat kebersihan yang dimiliki.

 

Ia berharap, masjid atau musala yang merupakan tempat pusat kegiatan ibadah masyarakat perlu dijaga dan dirawat dengan baik. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.