Periode Ramadan dan Lebaran, Volume Sampah di Pandeglang Meningkat 10 Persen

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, Ratu Tanti Darmiasih.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Selama bulan suci Ramadan dan momen libur Lebaran Idul Fitri 1445 H, volume sampah di Kabupaten Pandeglang meningkat. Peningkatan sampah ini mencapai 10 persen per hari dibandingkan hari biasanya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, Ratu Tanti Darmiasih mengatakan, peningkatan itu terlihat dari volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bangkonol dan TPA Bojong Canar.

 

“Itu datanya ada di TPA-TPA baik bojong canar maupun di bangkonol, ada penambahan. Kurang lebih dari biasanya ada penambahan sekitar 10 persenan,” kata dia, Jumat (19/04).

 

Ia menjelaskan, kenaikan sampah tersebut karena kegiatan masyarakat dalam penyediaan kebutuhan pokok selama bulan Ramadan. Selain itu terkait banyaknya wisatawan yang datang ke Pandeglang untuk berlibur.

 

Oleh karena itu, dipastikan limbah sampah khususnya dari rumah tangga terjadi peningkatan.

 

Baca: Semarak! 20 Kampung Ikuti Gebrag Ngadu Bedug di Pandeglang

 

Baca: Aksi Sosial, KPPC Gandeng Pemda Pandeglang Lakukan Operasi Sampah

 

“Banyaknya wisatawan-wisatawan, yang mudik dan sebagainya. Kumpul keluarga kan, yang namanya pada saat kumpul keluarga banyak makanan-makanan. Banyak orang akan semakin banyak sampahnya,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, peningkatan volume sampah ini juga menjadikan frekuensi pengangkutan sampah bertambah. Biasanya pengangkutan dilakukan hanya 2 kali per hari, namun pada periode Ramadan dan Lebaran Idul Fitri meningkat menjadi 3 kali dalam sehari. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.