Semarak! 20 Kampung Ikuti Gebrag Ngadu Bedug di Pandeglang

Arak-arakan peserta Gebrag Ngadu Bedug di Alun-alun Pandeglang, Jumat (19/04/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sedikitnya terdapat 20 kampung yang turut serta dalam agenda Gebrag Ngadu Bedug yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang berkolaborasi dengan Asosiasi Seniman Bedug (ASB) Provinsi Banten di Alun-alun Pandeglang.

 

Salah satu rangkaian kegiatan yang dihelat sejak 18 sampai 20 April 2024 ini yakni arak-arakan bedug dengan menggunakan kostum unik dan variasi dari masing-masing kampung. Arak-arakan peserta ini cukup menarik perhatian masyarakat.

 

Ketua pelaksana kegiatan, Ami mengatakan, pihaknya menaruh agenda arak-arakan bedug ini di hari kedua, karena pada hari pertama pembukaan diguyur hujan.

 

“Meskipun terdapat kendala cuaca, tapi tidak menyurutkan semangat para peserta untuk meramaikan gebrag ngadu bedug, khususnya arak-arakan bedug mengelilingi Alun-alun,” kata dia.

 

Ia mengatakan, untuk peserta ngadu bedug ini diminta untuk menyiapkan masing-masing yel-yel dan kemeriahan pendukungnya, karena masuk ke dalam penilaian.

 

“Jadi kenapa harus meriah dari segi kostum, kekompakan, kemudian dekorasi, itu menjadi penilaian dari kami. Tadi juga sudah terlihat bagaimana ramainya kostum unik, ada yang menggunakan kostum kerajaan, bahkan pocong ada,” ujarnya.

 

Baca: Aksi Sosial, KPPC Gandeng Pemda Pandeglang Lakukan Operasi Sampah

 

Baca: Pandeglang Miliki Kopi Khas, Diproduksi BUMDes Bandung

 

Untuk agenda yang dilakukan diantaranya workshop pembuatan bedug, kemudian melukis on the spot, pementasan tari, dan diakhiri oleh ngadu bedug.

 

“Pada hari kedua ini memang cukup meriah, karena ada beberapa agenda, seperti talkshow, melukis, workshop ngadu bedug,” tutur dia.

 

Sementara salah seorang peserta arak-arakan ngadu bedug dari Kampung Parung Sentul, Nana mengatakan, dari kampungnya dikerahkan hampir sebagian besar warga untuk memeriahkan Gebrag Ngadu Bedug.

 

“Kampung kami hampir sebagian besar turun semua, bahkan ada beberapa orang yang sudah menjabat di pemerintahan juga turut serta bergabung dalam kemeriahan ngadu bedug ini,” ucapnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.