» » Seorang Gadis di Jiput Sudah Belasan Tahun Alami Gizi Buruk


Fitriyani (14), gadis asal Kecamatan Jiput yang sudah belasan tahun menderita penyakit gizi buruk.

KRAKATAURADIO.COM, JIPUT - Gadis di kampung Talun RT 02 RW 05, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Fitriyani (14) sudah belasan tahun mengalami penyakit gizi buruk. Kondisinya memprihatinkan, tubuh Fitriyani yang nyaris tanpa daging membuatnya seolah tak bertenaga. Saat ini dirinya hanya bisa berbaring lemah dirumahnya.

Berat badan Fitriyani tak lebih dari 10 kilogram, tentu bukan berat badan yang sesuai dengan usianya. Putri keempat dari enam bersaudara buah cinta pasangan Otoh Suriadi (45) dan Saibah (Alm) ini sudah belasan tahun menderita penyakit gizi buruk.

Ayah Fitri, Otoh menuturkan, gizi buruk yang diderita anaknya sudah dialami sejak ia masih berusia 8 bulan. Ia menjelaskan, Fitri memang pernah ditangani oleh Puskesmas Jiput dengan diberikan asupan makanan tambahan. Namun, makanan tersebut rupanya tak cukup memunuhi gizi yang dibutuhkan tubuh Fitri.

Tak melihat perubahan pada tubuh Fitri, dengan segala keterbatasan ekonomi orangtuanya, Fitri dibawa ke Sakit Umum Dareah (RSUD).

"Waktu itu tahun 2009 dibawa ke RSUD dan dibawa juga ke RSCM. Ada bantuan dari perusahaan di Jakarta," tutur Otoh.

Di rumah sakit tersebut, dokter menyarankan pihak keluarga agar Fitri dirawat di RSUD Serang. Selama di RSCM, dokter menemukan adanya kelainan syaraf pada otak Fitri.
Pulang dari RSUD Serang, kondisi Fitri semakin memburuk, ditambah lagi Fitri tak lagi mendapat penanganan khusus. Padahal, jarak antara rumahnya dengan puskesmas tak lebih dari 100 meter. Akan tetapi, petugas hanya melakukan kontrol.

"Itu juga enggak setiap bulan," ucapnya.

Melihat kondisi putrinya kini, Otoh hanya bisa pasrah dan berharap ada dermawan yang mau mengulurkan tangannya untuk membantu Fitri. Dengan penghasilannya yang hanya sebagai petani, Otoh mengaku tak lagi mempunyai biaya untuk membawa anaknya ke rumah sakit. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply