Wabup Tanto: Jika Data Penerima Dobel, Uang Dikembalikan ke Negara

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban monitoring penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Karangtanjung, Senin (11/05/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengatakan, Bantuan Sosial Tunai (BST) program jaring pengaman sosial dari Kementerian Sosial sudah disalurkan untuk tahap pertama dengan besaran 6 ratus ribu/KK. Jika data penerima bantuan dobel, maka uang akan dikembalikan ke kas negara.

“Jika penerima meninggal akan digantikan ahli waris. Apabila pindah domisili masih di Kecamatan yang sama tetap bisa disalurkan. Namun kalau penerima sudah mendapatkan program dari pemerintah seperti PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) tidak dapat disalurkan dan uang akan dikembalikan ke negara melaui PT Pos,” ujarnya saat monitoring penyaluran BST di Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karangtanjung, Senin (11/05).

Kata Tanto, data penerima bantuan ini langsung dari pemerintah pusat diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Adapun untuk Kabupaten Pandeglang, tambah dia, kurang lebih mendapatkan kuota sebanyak 54.800.

“Hari ini (Senin,red) disalurkan di empat kecamatan di masing-masing Desa dan Kelurahan,” kata dia.

Tanto sendiri melakukan monitoring yang tujuannya untuk memastikan proses penyaluran berjalan lancar.

“Penyaluran melalui PT. Pos. Kita Pemerintah Daerah mendampingi dalam penyediaan data,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Camat Karangtanjung, Neneng Nuraeni menuturkan hal sama. Menurut dia, jika terjadi dobel data pada penerima bantuan, uang akan dikembalikan kepada pihak PT. Pos.

“Surat panggilan dan uangnya kita kembalikan ke kantor Pos, pihak PT Pos yang langsung kordinasi dengan Kementerian. Namun kita juga membuat laporan untuk penghapusan dan pergantian nama sehingga bisa diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Neneng menerangkan, untuk Kecamatan Karangtanjung mendapatkan kuota sebanyak 643 orang yang tersebar di 4 Kelurahan, dengan rincian Kelurahan Cigadung 159 orang, Kelurahan Juhut 224 orang, Kelurahan Kadumerak 141 orang dan Kelurahan Pagadungan 149 orang. (Mudofar)

1 komentar:

  1. Di desa pangkalan kecamatan Sobang dengar dengar katanya hanya menerima 400ratus ribu, terus yang 200 nya itu masuk kemana? tolong kalau bisa di telusuri

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.