Akarsari Culuture Festival Disiapkan Jadi Kalender Event Tahunan

Seremonial pembukaan Akarsari Culture Festival (ACF) di lapangan Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Selasa (18/07/2023).

KRAKATAURADIO.COM, SAKETI - Event Akarsari Culture Festival (ACF) yang digelar di Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, rencananya disiapkan menjadi kalender event tahunan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

 

Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pandeglang, Nuriah mengaku sangat mengapresiasi acara yang mengangkat pelestarian budaya, alam dan bazar UMKM di Pandeglang ini.

 

“Intinya saya mengapresiasi. Ini kan muncul dari inisiatif dan kreatif dari masyarakat sendiri dan ini sangat membantu terhadap pemerintah bagaimana untuk menampung masyarakat yang punya kreativitas terutama di dalam pengembangan UMKM,” kata dia usai menghadiri seremonial pembukaan ACF di lapangan Kecamatan Saketi, Selasa (18/07/2023).

 

Ia juga mendukung kegiatan ACF masuk jadi kalender event tahunan di Kabupaten Pandeglang.

 

“Pemkab Pandeglang selama kegiatan itu positif muncul dari masyarakat dan bisa membangkitkan ekonomi terutama masyarakat yang mempunyai usaha kecil, menengah, mikro, tidak akan menghalangi kegiatan yang bisa menimbulkan dan membawa perubahan perbaikan kedepan. Insya Allah kita dukung,” ujarnya. 

 

Terkait dukungan anggaran, lanjut Nuriah, hal tersebut dapat ditempuh sesuai dengan prosedur yang ada.

 

“Kalau bicara dana silakan nanti ada tahapan-tahapan dan usulannya nanti nempelnya di OPD mana, apakah di pariwisata atau di indagpas karena disitu ada koperasi dan UMKM kita padukan,” imbuh dia.

 

Dalam kesempatan itu, para tamu undangan disuguhkan dengan beragam kesenian tradisional mulai dari debus, tari saman, penampilan hatong, serta penampilan kesenian lainnya.

 

Baca: Mentan Siapkan Sejumlah Daerah Penyangga untuk Antisipasi El Nino, Salah Satunya Pandeglang

 

Baca: RP-GM Pandeglang Dukung Muhaimin Iskandar Maju di Pilpres 2024

 

Sementara Ketua pelaksana ACF, Yudi Wahyudi mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan aksi nyata kolaborasi dari puluhan lintas organisasi di Kabupaten Pandeglang.

 

“Ke depan kita memang ingin kembali mengulangi menjadi sumber tahunan, sehingga tujuan menjaga alam, menjaga budaya, lestari, ini terus berjalan,” ucap dia.

 

Selain itu, Yudi juga memaparkan bahwa dalam kegiatan ini, selain menjaga alam dan budaya juga turut mengangkat UMKM dan mendorong edukasi masyarakat.

 

“Sehingga ini menjadi salah satu program kerja tahunan dan pemerintah daerah juga support. Mereka juga ingin akarsari culture festival ini bisa diselenggarakan juga di kecamatan Pandeglang,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.