Optimalkan Fungsi Keluarga, DP2KBP3A Gelar Pembinaan Pendidikan Kader Tribina

Pembinaan pendidikan kependudukan bagi anggota kelompok kegiatan Tribina di aula Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Rabu (13/09/2023).

KRAKATAURADIO.COM, JIPUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggelar kegiatan pembinaan pendidikan kader Tribina, yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Jiput.

 

Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Pandeglang, Achmad Saepudin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas dan meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL).

 

“Program pemberdayaan masyarakat ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dengan mengedepankan peran serta kepedulian anggota keluarga guna mencapai kesejahteraan di dalam keluarga,” kata dia, Rabu (13/09).

 

Menurut dia, pembinaan pendidikan bagi para anggota Tribina memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan orang tua maupun anggota keluarga dalam membina balita maupun remaja yang berhubungan dengan pola asuh.

 

“Selain itu perkembangan fisik atau tumbuh kembang balita dan mengenai cara efektif berinteraksi dengan remaja, bimbingan kepada anak remaja dan lain-lain. Tribina juga mengedepankan kesejahteraan lansia agar tetap memiliki produktifitas yang baik di lingkungan keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

 

Baca: Peringati HUT Lalu Lintas ke-68, Satlantas Polres Pandeglang Gelar Baksos dan Salurkan Bantuan

 

Baca: Bawaslu Pandeglang Temukan Perangkat Desa sampai Guru di DCS

 

Ia berharap kegiatan ini mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih dalam membina balita, remaja, dan lansia, dengan begitu setiap keluarga mampu mencapai kesejehteraan serta mampu mencapai keluarga yang berkualitas.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan keluarga yang berkualitas, untuk itu ketahanan keluarga melalui bina keluarga yakni BKB, BKR, dan BKL dalam pengelolaan dan aktivitasnya perlu dimaksimalkan oleh para kader Tribina.

 

“Pembinaan pendidikan bagi para kader tribina mampu mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Oleh sebab itu pembinaan pendidikan bagi para kader ini harus berdampak pada ketangguhan dan kemampuan keluarga secara mandiri guna meningkatkan kualitas keluarga yang lebih baik lagi,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.