25 Kelompok Nelayan Terima Bantuan Sapras, Minta Kembangkan Produk

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat memberikan bantuan sarana prasarana perikanan kepada kelompok penerima di Pendopo, Kamis (28/12/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 25 orang yang tergabung dalam koperasi, Kelompok Usaha Bersama (KUB) bidang perikanan, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), Kelompok Pengolah dan Pemasa (Poklasar) di Kabupaten Pandeglang, menerima bantuan sarana prasarana perikanan.

 

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pandeglang, Budi S Januardi mengatakan,  jenis bantuan yang diberikan yaitu berupa bioflok, mesin pembuat pakan ikan, alat tangkap ikan, mobil berefrigerasi, peralatan pengolahan dan chest freezer.

 

“Bantuan bioflok sebanyak 3 paket, mesin pembuat pakan ikan 1 paket, alat tangkap ikan sebanyak 16 paket, mobil berefrigerasi sebanyak 1 unit, peralatan pengolahan 3 paket, dan 2 unit chest freezer,” kata dia, Kamis (28/12).

 

Ia menerangkan, bantuan ini bersumber dari Pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat. Seluruh kelompok diminta untuk tingkatkan produksi perikanan lokal serta menambah keberagaman hasil perikanan air tawar yang dimiliki.

 

“Dengan mesin pakan ikan diberikan kepada pokdakan diharapkan bisa menjadi solusi untuk menekan biaya produksi, khususnya dalam penyediaan pakan murah dengan memanfaatkan beberapa bahan baku yang tersedia di sekitar wilayah sekitar,” ujarnya.

 

Baca: 523 Orang yang Lulus Seleksi PPPK di Pandeglang Ikuti Pemberkasan

 

Baca: Baznas Banten Bantu Warga Pandeglang Jalani Operasi Mata Katarak Gratis

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menuturkan, Pandeglang memiliki sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah dengan panjang garis pantai terpanjang di Provinsi Banten kurang lebih mencapai 480 km.

 

“Penerima bantuan sapras ini harus berkembang jangan sampai setelah menerima bantuan saprasnya tidak dikelola dengan baik. Kami akan terus pantau perkembangannya,” ucap dia.

 

Menurut Irna, bantuan ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam mendorong entrepreneur perikanan, yang menjadi inti dari maritim bisnis sebagai salah satu core bisnis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pandeglang.

 

“Mari kita bersama niatkan untuk terus mengembangkan perikanan di Pandeglang. Dengan sapras bantuan ini diharapkan bisa meningkat perikanan kita,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.