Musim Hujan, Warga Diminta Waspada Ular Masuk Rumah

Petugas BPBD-PK Kabupaten Pandeglang saat mengevakuasi ular kobra sepanjang 3 meter di Desa Sukacai, Kecamatan Jiput. (Foto Instagram BPBD Pandeglang)

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang, meminta masyarakat mewaspadai hewan melata seperti ular memasuki rumah saat musim hujan tiba. Pasalnya, ular seringkali memasuki rumah ketika musim hujan.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran BPBD-PK Kabupaten Pandeglang, Endan Permana mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir pihaknya cukup sering mengevakuasi kemunculan ular di pemukiman warga.

 

“Kita udah sering ada evakuasi kaitan dengan ular. Ularnya itu ada yang sanca ada yang kobra juga. Kalau untuk tadi pagi kita ada laporan ada hewan yang mengganggu ketentraman masyarakat setempat kaitan dengan monyet, itu di Ciekek Pabuaran,” kata dia, Rabu (06/12).

 

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, sampai awal Desember 2023 ini sudah ada 15 kejadian hewan melata yang masuk ke rumah warga. Ia menduga, hewan melata yang masuk ke rumah warga karena mencari mangsa berupa tikus.

 

“Udah sekitar 15 kejadian, itu juga laporan dari masyarakat. Nah kadang-kadang mereka itu cari mangsa, suka ngejar tikus ke got, makanya ke jebak. Kaya kemarin di komplek Cipacung, itu masuk ke toilet,” paparnya.

 

Baca: Diduga Tersambar Petir, Nelayan di Labuan Hilang di Laut

 

Baca: Antisipasi Erupsi Besar, Ini Peralatan yang Sudah Terpasang di GAK

 

Menurutnya, selama musim hujan ini, hampir setiap minggu pihaknya mendapat laporan dan melakukan evakuasi ular dari pemukiman warga maupun sarana publik lainnya.

 

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk rutin membersihkan rumah dan memberikan aroma wangi yang akan mencegah ular masuk. Selain itu hindari menumpuk barang-barang seperti di halaman belakang rumah atau sudut rumah, karena tumpukan barang merupakan salah satu tempat favorit ular.

 

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan seperti evakuasi hewan liar, evakuasi cincin, evakuasi sarang tawon, pohon tumbang dan Kebakaran, dapat menghubungi nomor Pemadam : 0253-(201113), WhatsApp: 08111383112 atau 0811150117.

 

“Paling banyak itu ular. Kebanyakan ular sanca, kalau ular kobra bisa dihitung jari. Yang dilakukan masyarakat itu kita juga udah menyimpan kontak personnya apabila menemukan ular di halaman rumah maupun di dalam rumah jangan sungkan-sungkan melapor ke BPBD,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.