Bimtek Anggota KPPS, KPU Pandeglang Ajarkan Gunakan Aplikasi Sirekap

Bimtek anggota KPPS di gedung koperasi Hikmah, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (27/01/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sebanyak 26.313 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Se Kabupaten Pandeglang, Banten, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) jelang pemungutan suara. Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) menjadi bahan yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

Diketahui, anggota KPPS terdiri dari 7 orang. Mereka telah dilantik serentak pada Kamis (25/01/2024) dan selanjutnya mengikuti pembekalan Bimtek tentang pelaksanaan tahapan pemungutan penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara serta penggunaan Sirekap.

 

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pandeglang, Rodi Herdiana mengatakan, dalam bimtek kali ini anggota KPPS diajarkan cara penggunaan aplikasi Sirekap. Menurut dia, Sirekap merupakan salah satu upaya KPU untuk mempermudah kerja anggota KPPS.

 

“Jadi untuk membekali pengetahuan bagaimana penggunaan sirekap, bagaimana cara penulisan C hasil dari masing-masing pemilihan,” kata dia ditemui usai menyampaikan materi di Koperasi Hikmah, Labuan, Sabtu (27/01).

 

Rodi menekankan pada seluruh anggota KPPS untuk memahami penggunaan aplikasi Sirekap, sehingga pada saat hari pemungutan suara nantinya mereka dapat menggunakan aplikasi tersebut.

 

KPU sendiri telah memberikan Bimtek serupa kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Pandeglang.

 

“Untuk menyampaikan bagian daripada informasi penyampaian materi kepada KPPS terkait tentang kegiatan pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilakukan 14 Februari 2024. Jadi menyampaikan informasi, bimbingan, supaya tugas dan fungsi KPPS mulai dari anggota 1, 2 dan seterusnya itu tersampaikan secara utuh,” terangnya.

 

Baca: Ini TPS di Pandeglang yang Sulit Dijangkau Kendaraan, Logistik Harus Dipikul

 

Baca: Pengurus KONI Pandeglang Periode 2023-2027 Resmi Dilantik, Rizki Natakusumah Jadi Ketua

 

Ketua PPK Kecamatan Labuan, Ucu Buhori menuturkan, pelaksanaan Bimtek di selenggarakan Sabtu sampai Minggu besok, dengan mekanismenya bimtek dibagi per Desa.

 

“Adapun materi bimtek KPPS Pemilu 2024 adalah terkait tata cara pencoblosan, penghitungan suara, dan penggunaan sirekap,” ucap dia.

 

Ia menerangkan, bimtek KPPS ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait proses pencoblosan hingga penghitungan suara pada Pemilu 2024.

 

“Bimtek ini sangat penting bagi KPPS agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.