Siaga Wisata Libur Lebaran Idul Fitri, Balawista Terjunkan 200 Personil

Ketua Balawista Nasional, Ade Ervin.

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten dan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) menggelar rapat kordinasi teknis persiapan siaga wisata dalam rangka momentum libur lebaran Idul Fitri 1445 H, di ruang rapat Dispar Banten, Rabu (27/03/2024).

 

Rapat tersebut di pimpin Kepala Dispar Banten, Al-Hamidi dan dihadiri staf ahli Menteri Pariwisata bidang Managemen Krisis, Fadjar Hutomo serta ketua Balawista Nasional Ade Ervin.

 

Dalam rapat tersebut dihadiri para peserta yang meliputi BMKG Banten Pos Maritim Merak, Basarnas Banten, BPBD Banten, Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, pengelola objek pariwisata perwakilan, forum Pokdarwis, dan para ketua Balawista Kab/Kota.

 

Siaga Wisata Idul Fitri 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 April 2024.

 

Ketua Balawista Nasional, Ade Ervin mengatakan, pihaknya akan menurunkan 200 petugas siaga wisata yang terdiri dari 100 orang Balawista tersertifikasi dan 100 tim monitoring yang akan disebar di berbagai destinasi wisata di Banten.

 

“Siaga wisata akan membuat dua posko koordinasi di kabupaten Serang dan kabupaten Pandeglang dan akan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, TNI Polri, BMKG, Basarnas, BPBD, Satpol PP, Dinas Pariwisata kab kota dan pengelola objek pariwisata,” kata dia.

 

Layanan tersebut, lanjut Ervin, berupa penyiapan petugas keselamatan, peralatan pertolongan dan layanan mobilitas pertolongan. Selain itu, petugas yang diturunkan akan memetakan jumlah kunjungan melalui visualisasi dan live report.

 

Baca: Nelayan Carita Pandeglang Dikabarkan Hilang saat Cari Ikan

 

Baca: Kawal Mudik Lebaran Idul Fitri, Polres Pandeglang Siapkan 5 Posko

 

Ditempat sama, staf ahli Menteri Pariwisata bidang Managemen Krisis, Fadjar Hutomo mengingatkan terkait perlunya pelaksanaan penanganan krisis yang meliputi tiga aspek, yakni mitigasi, penanganan dan pemulihan pasca kedaruratan.

 

“Khususnya pada ekosistem pariwisata mengingat penanganan krisis yang diketahui selama ini khususnya pariwisata yang kita tahu hanya di permukaannya saja ibarat fenomena gunung es. Kementerian Pariwisata siap mendukung upaya pelayanan melalui siaga wisata,” ujarnya.

 

Sementara kepala Dispar Banten, Al Hamidi menargetkan kunjungan libur lebaran Idul Fitri 1445 H dapat mencapai 3 juta wisatawan.

 

“Kita optimis angka tersebut dapat tercapai mengingat dengan kondisi banyaknya destinasi yang berkembang di Provinsi Banten dan dengan dukungan semua masyarakat dan pengelola objek pariwisata,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.