Aksi Sosial, KPPC Gandeng Pemda Pandeglang Lakukan Operasi Sampah

Aksi sosial membersihkan sampah di sepanjang jalan wisata Carita, Kabupaten Pandeglang, Jumat (19/04/2024).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) dan instansi lainnya, melakukan operasi sampah sejauh 4 kilometer (km) di Jalan Raya Carita-Pandeglang, Jumat (19/04/2024). Hal ini dilakukan untuk menjaga keindahan pantai Carita.

 

Kegiatan sosial ini diikuti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), satuan Muspika Carita, TNI AL, Syahbandar Labuan, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), PLN Rayon Labuan, Mutiara Carita Cottages, Tahura Banten, OKP Aldos dan pelaku wisata lainnya.

 

Ketua KPPC, E.A Supriadi Franky mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah ini bukan kali pertama dilakukan. Untuk saat ini, kata dia, aksi operasi semut di pinggiran jalan Raya Carita-Pandeglang. Hal ini karena aksi bersih sampah di wilayah pantai telah dilakukan sejak pagi hari.

 

“Kami bukan kali pertama melakukan ini. Untuk sekarang bersama-sama dengan para pihak yang ikut serta kita lakukan di pinggir jalannya, karena yang di pantai sudah dari pagi,” kata dia.

 

Ia menuturkan, saat momentum libur Lebaran Idul Fitri 1445 H, berdasarkan hasil pendataan Balawista, wisatawan yang datang ke pantai Carita mencapai 73 ribu orang.

 

“Hitung rata-rata 1 orang 1 kg sampah dikali 73 ribu wisatawan, sudah berapa ton sampah yang tumpah ke Carita,” ujarnya.

 

Baca: Pandeglang Miliki Kopi Khas, Diproduksi BUMDes Bandung

 

Baca: Rawan Bencana, KSB Pandeglang Canangkan Sosialisasi kepada Pelajar

 

Untuk itu, agar sampah tidak berceceran baik ke pantai maupun sungai dan lingkungan serta jalan, perlu adanya kesadaran bersama untuk membersihkannya.

 

“Sampah faktor utama merusak lingkungan, maka dari itu harus ada pencegahan dan kesadaran bersama untuk membersihkan,” tuturnya.

 

Ia mengapersiasi terhadap Organisasi Prangkat Daerah (OPD) Pandeglang sudah mau terjun bersama pihaknya.

 

“Alhamdulillah baru kali ini ada OPD berbaur bersama kami ikut serta peduli terhadap lingkungan. Kami sangat mengapersiasi,” tandasnya.

 

Baca: Tradisi Gebrag Ngadu Bedug Siap Digelar Kembali

 

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Ratu Tanti mengaku sangat mengapersiasi aksi sosial ini. Bahkan ia mengaku bangga kepada gerakan KPPC.

 

“Ini sungguh luar biasa bagi kami, sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Ini bukti masyarakat sudah menyadari lingkungan hidup tanggungjawab semua, bukan hanya Pemerintah,” ucap dia.

 

Adapun langkah kedepan, pihaknya bakal tetap melakukan edukasi terhadap masyarakat agar selalu bersama-sama menjaga lingkungan.

 

“Kami bakal terus melakukan edukasi bagiamana menciptakan lingkungan yang baik dan sehat, dan tak sampai di sini kita bakal lakukan susur sungai dan lainnya,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.