Gelar Halal Bihalal dengan Warga Batak, Bupati Pandeglang Sampaikan Pesan Kesatuan dan Persatuan

Acara halal bihalal forum masyarakat Batak dengan Bupati Pandeglang di pendopo, Sabtu (13/04/2024).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita melakukan halal bihalal dengan forum masyarakat Batak yang ada di Kabupaten Pandaglang, pada akhir pekan lalu. Dalam pertemuan ini, pesan kesatuan dan persatuan diutamakan kepada seluruh pihak.

 

“Tanpa ada kesatuan persatuan kita tidak akan bisa sukses tidak akan bisa maju. Jadi harapannya hanya itu saja. Bila kemarin ada salah paham, salah persepsi, kita sekarang meluruskan seluruh permasalahan dan saling bermaaf-maafan. Jadi kuncinya itu,” kata Irna di Pendopo.

 

Selain itu, lanjutnya, seluruh pihak harus dapat saling menginspirasi dan menjaga kearifan lokal. Terkait dengan adanya usaha koperasi simpan pinjam (kosipa), Irna mengaku akan mengawal program tersebut.

 

“Warga Batak juga banyak menginspirasi kita dari jiwa usahanya, dari kemampuannya. Apapun tuh warga Batak menjadi inspirasi kita dan kita juga harus menjadi pahlawan untuk mereka, saling menguatkan,” ujarnya.

 

Baca: Lebaran Idul Fitri, Okupansi Hotel di Carita Tembus 80 Persen

 

Baca: Pasca Lebaran, Iing Andri Supriadi Putuskan Sikap di Pilbup Pandeglang

 

“Pinjam meminjamnya kan kalau koperasi ada simpan pinjam semoga diwadahi dipayungi usaha mereka. Jangan sampai ilegal. Kalau ilegal suatu hari kan nanti juga akan jadi masalah. Kami ingin meluruskan, mengawal mereka,” sambung Irna.

 

Ditempat sama, perwakilan tokoh Batak, Amrin Siregar mengingatkan, agar warga Batak dapat menjaga kearifan lokal dan menjaga kehidupan sosial di Kabupaten Pandaglang.

 

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah (Pemda), para ulama, serta masyarakat yang dapat menjaga perdamaian. Apalagi saat ini momentum yang tepat yakni lebaran Idul Fitri.

 

“Mari kita merajut kembali persaudaraan kita antara Batak dengan suku Sunda yang ada di Pandeglang karena saya pribadi juga sudah tinggal 40 tahun di Pandeglang dan harapan kami yang terakhir mungkin berharap juga ke teman-teman masyarakat di Pandeglang ini kita diterima apa adanya dan mohon kalau ada apa-apa kita diskusi, kita saling menyelesaikan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan,” pungkasnya.

 

Kegiatan halal bihalal masyarakat Batak ini dihadiri Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah, anggota DPRD Pandeglang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para ketua organisasi masyarakat (Ormas) se-kabupaten Pandeglang termasuk para tokoh Batak yang ada di wilayah Pandeglang. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.