Pemkab Pandeglang Siap Jadi Sentra Budi Daya Porang

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meninjau pabrik sentra IKM pengolah umbi porang di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Selasa (21/02/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANIMBANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Provinsi Banten, menyatakan kesiapannya untuk menjadi sentra industri budi daya tanaman porang, dalam upaya memajukan sektor pertanian dan meningkatkan investasi daerah.

 

Hal ini disampaikan Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meninjau pabrik sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) pengolah umbi porang di Kampung Reforma, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Selasa (21/02/2023).

 

Irna menyatakan berkomitmen menjadikan Kabupaten Pandeglang menjadi sentra budi daya porang.

 

“Kami sudah melakukan peninjauan pabrik pengolahan porang ini mulai dari pelaksanaan pembangunan hingga bagaimana proses pengolahanya,” kata dia.

 

Menurut Bupati, permintaan pasar terhadap porang sangat tinggi, karena bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu produk unggulan. Untuk itu, permintaan tersebut harus dimanfaatkan dengan cara budi daya guna meningkatkan perekonomian para petani.

 

Apalagi dengan adanya pabrik pengolahan porang, lanjut dia, maka akan memberikan harapan besar kepada para petani dalam meningkatkan ekonomi, karena pengolahan porang ini terbentuk dari hulu hingga ke hilir.

 

“Dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini, para petani porang yang ada di kabupaten Pandeglang tidak lagi harus menyuplai porang dari daerah lain, kini kita sudah mempunyai pabrik pengolahan sendiri,” ujarnya.

 

Baca: Jadi Wasekjen Hipmi, Tanto Warsono Arban Akan Dorong Investor ke Pandeglang

 

Baca: HUT Partai ke-50, DPC PDI Perjuangan Pandeglang Gelar Festival Marhaba, Hadiah Jutaan Rupiah

 

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan pabrik pengolahan porang ini sudah siap dioperasikan. Pihaknya sudah membentuk 25 Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk melakukan budi daya porang.

 

“Dalam musim panen porang ini menghasilkan sekitar 8 ton per hari dan untuk musim tanam kita bisa menghasilkan 8 ribu ton dari 25 IKM yang tersebar di 14 kecamatan,” ucap dia.

 

Menurut dia, hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Pemerintah Kabupaten Pandeglang mendukung pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengolah Umbi Porang untuk meningkatkan nilai tambah komoditas tersebut melalui fasilitasi penguatan teknologi. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.