Jelang Ramadhan, Waspada Penipuan Catut Nama Wakil Bupati dan Camat di Pandeglang

Tangkapan layar postingan Instagram @pemkab_pandeglang yang mengimbau masyarakat untuk waspada penipuan WhatsApp mengatasnamakan nama Wakil Bupati Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menjelang bulan Ramadan, nama Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban dicatut oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Oknum tersebut memakai nama dan foto profil Tanto di aplikasi WhatsApp (WA) dengan nomor 0813741854959.

 

“Hati-hati modus penipuan mengatasnamakan Wakil Bupati Pandeglang melalui pesan WA. Jika ada nomor tersebut menghubungi kontak anda mohon jangan ditanggapi, segera lapor kepada pihak berwenang,” tulis akun instagram Pemkab Pandeglang.

 

Dalam menjalankan aksinya, pelaku memanfaatkan aplikasi WA dengan memakai foto Wakil Bupati Pandeglang. Bukan hanya Tanto, pelaku juga memasang foto dan nama Camat Menes, Abdul Haris.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi penipuan menggunakan foto dan nama pejabat yang dilakukan oleh orang tidak dikenal ini, bertujuan mengelabui korbannya.

 

Pertama, pelaku mengatasnamakan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban. Dalam salah satu chat yang disebarluaskan, pelaku menghubungi salah satu warga bernama Arif Bilah.

 

Modusnya yakni akan memberikan bantuan menyambut bulan Ramadan. Donasi itu diberikan untuk pengurus masjid karena atas instruksi dari Bupati Pandeglang untuk pembangunan masjid sebesar Rp 125 juta. Namun ujungnya pelaku tersebut meminta sejumlah uang kepada korban.

 

Baca: Sambut HUT ke-149, Pemkab Pandeglang Gelar Job Fair dengan Total 1.171 Lowongan Kerja

 

Baca: Jalur Laut Pandeglang Rawan Penyelundupan dan Peredaran Gelap Narkotika

 

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati ketika menerima sambungan telepon maupun pesan dari orang tidak dikenal.

 

“Apalagi ketika menggunakan foto profil dan nama wakil bupati. Hati-hati aksi penipuan dengan nama Wakil Bupati Pandeglang yang menggunakan nomor hanphone 0813741854959,” kata dia dalam IG stories, @tanto w arban, Minggu (19/03).

 

Selain mencatut nama dan profile foto Wakil Bupati Pandeglang, pelaku penipuan juga mencatut nama Camat Menes Abdul Haris. Pencatutan nama dan foto dengan menghacker akun Facebooknya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.