Ratusan Masyarakat Terima Bantuan UEP dari Dinsos Banten

Foto bersama dalam acara penyaluran bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) di gedung KPRI Hikmah Labuan, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (16/12/2023).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Masyarakat di Kabupaten Pandeglang, terima bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos), di gedung KPRI Hikmah Labuan, Sabtu (16/12/2023). Bantuan ini berbentuk barang dan alat penunjang lainnya untuk meningkatkan usaha ekonomi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Kegiatan ini dihadiri anggota Komisi V DPRD Provinsi Banten, H. Anda Suhanda, Camat Labuan Yayat Hidayat, dan ratusan KPM dari 6 Kecamatan.

 

Staf Dinsos Provinsi Banten, Asep mengatakan, ada sebanyak 118 KPM yang diberikan bantuan UEP. Mereka berasal dari 6 Kecamatan, terdiri dari Kecamatan Carita 42 KPM, Labuan 26 KPM, Pagelaran 14 KPM, Patia 6 KPM, Sukaresmi 11 KPM, dan Jiput 19 KPM.

 

“Untuk kabupaten Pandeglang hari ini ada 3 titik pertama di gedung diklat Karangtanjung, kedua di Cikedal dan ketiga di Labuan. Wilayah selatan ada 2 titik Cibaliung dan Munjul,” kata dia ditemui usai acara.

 

Asep menyampaikan, untuk bantuan UEP tersebut disalurkan dalam bentuk barang yang menjadi kebutuhan para penerima, mulai dari alat produksi hingga bahan pokok dalam menunjang usahanya.

 

“Usulan dari KPM nya barang karena mereka itu punya embrio usaha jadi kalau yang memang mereka tidak embrio usaha tidak dibantu oleh program ini jadi kuncinya mereka berumah tangga dan punya embrio usaha sehingga yang diserahkan bantuan itu tepat sasaran sesuai dengan usaha mereka,” terangnya.

 

Baca: Penyintas Bencana Angin Puting Beliung Dapat Bantuan BBR

 

Baca: Ratusan Pjs Kades di Pandeglang Diputuskan Kapan? Ini Jawaban DPMPD

 

Adapun jenis usaha yang dibantu program ini mencakup usaha jajanan anak, aneka kacang goreng, nasi uduk, tata boga, membuat kue, pecel lele, dan lainnya.

 

“Kalau diuangkan sesuai yang kami pegang dokumen per KPM itu 2,5 juta itu sudah termasuk pajak dan keuntungan pihak ketiga,” ujar dia.

 

Ia menyatakan, Dinsos Banten telah melakukan verifikasi kepada KPM sehingga bantuan yang diberikan telah sesuai kebutuhan para pelaku usaha.

 

“Untuk pengembangan usaha mereka kan selama ini yang kami temukan KPM ini usahanya masih kurang permodalan sehingga pemerintah memberikan bantuan permodalan tapi bukan berupa uang tapi berupa barang yang mereka dagangkan sehari-hari,” tuturnya.

 

Baca: Polres Pandeglang Siapkan 200 Personel Amankan Libur Nataru

 

Ditempat sama, Camat Labuan, Yayat Hidayat mengapresiasi bantuan UEP yang diberikan kepada KPM ini. Ia berharap bantuan ini mampu meningkatkan ekonomi keluarga supaya lebih mandiri.

 

“Saya kira bantuan ini patut disyukuri mudah-mudahan bisa membantu warga kita khususnya warga Labuan untuk terus menjalankan aktivitasnya sebagai pengusaha kecil yang memang harus dibantu biar nanti berkembang menjadi pengusaha yang sukses,” ucap dia.

 

Yayat mengaku masih banyak warganya di Labuan yang sudah memiliki usaha kecil namun belum tersentuh bantuan. Diharapkan kedepan bantuan serupa dapat diberikan kepada yang lainnya.

 

“Mudah-mudahan tahun kedepan semua usaha kecil itu mendapat perhatian penuh dari pemerintah,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.